Inovasi, UB Luncurkan Aplikasi Nusantara Guide

Kamis, 07 Januari 2021 - 07:46 WIB
loading...
Inovasi, UB Luncurkan Aplikasi Nusantara Guide
Purwarupa aplikasi berbasis android bernama Nusantara Guide (Nugie) dari UB. Aplikasi ini menyediakan platform informasi dan navigasi digital tentang cagar-cagar budaya di Indonesia. Foto/UB
A A A
JAKARTA - Pusat Studi Pariwisata Universitas Brawijaya (UB) membuat purwarupa aplikasi berbasis android bernama Nusantara Guide (Nugie). Aplikasi ini membantu menyajikan informasi dan navigasi digital cagar budaya Indonesia.

Dikutip dari laman resmi UB di prasetya.ub.ac.id, Nugie merupakan karya Pusat Studi Pariwisata UB yang telah melakukan riset selama tiga tahun (2017-2020). (Baca juga: Sisihkan 14 Negara, Mahasiswa IPB Menangi Kompetisi Fotografi Internasional )

Aplikasi ini bertujuan untuk menyediakan platform informasi dan navigasi digital tentang cagar-cagar budaya di Indonesia, khususnya Indonesian Cultural Heritage.

Selain itu aplikasi ini juga menghubungkan para pemilik jasa tour guide, tour and travel, dan homestay (Community Based Tourism) dalam satu platform aplikasi di gawai ponsel pengguna.

Teknologi yang dikembangkan dalam aplikasi ini antara lain, Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), 360° Camera, Drone, Photogrammetry, Geo-Location dan Simultaneous Localization and Mapping atau SLAM. (Baca juga: Rektor UNS Resmikan Sistem Integrasi Data dan Informasi UNS )

Tampilan antar muka aplikasi ini berupa navigasi digital 3D yang interaktif. Sehingga dapat menjadi penunjuk arah, dan menampilkan informasi sebuah situs sejarah yang sedang dikunjungi oleh pengguna secara simultan.

Uji coba lapangan aplikasi nugie telah dilakukan di Museum Mpu Tantular, Sidoarjo. Hasilnya aplikasi ini berhasil menjadi pemandu digital yang bisa mengarahkan pengguna menjelajah benda-benda koleksi utama dalam museum tersebut secara simultan.

Dokumentasi uji coba ini bisa dilihat lebih jelas di website Pusat Studi Peradaban, www.psp.ub.ac.id. Aplikasi Nugie ini masih berupa purwarupa, sehingga penelitian dan perancangan masih harus terus dilakukan kedepan. Kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan agar aplikasi dapat semakin baik dan bermanfaat.

Pusat Studi Peradaban (PSP) merupakan Lembaga dibawah naungan LPPM Universitas Brawijaya yang didirikan karena mengingat kesadaran akan kebesaraan sejarah Nusantara, nilai-nilai luhur yang dianut, dan kekayaan alam yang melimpah.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1565 seconds (0.1#10.140)