Ornamen Header
UI Dukung UKM dengan Prakarsai Katalog Daring 100 UKM JUWARA
UI Dukung UKM dengan Prakarsai Katalog Daring 100 UKM JUWARA
Tim UKM Indonesia-LPEM FEB UI berkolaborasi dengan WhatsApp Inc. dan Kemenkop UKM memprakarsai Program Katalog 100 UKM JUWARA. Foto/Dok/Humas UI
JAKARTA - Tim UKM Indonesia-LPEM FEB Universitas Indonesia berkolaborasi dengan WhatsApp Inc. dan Kemenkop UKM memprakarsai Program Katalog 100 UKM JUWARA sebagai upaya memamerkan produk-produk UKM yang bagus dan berkualitas, kepada kepada konsumen Indonesia.

Katalog tersebut telah dirilis pada (22/12/2020) dalam format WhatsApp Business Catalog c-commerce s.id/UKMJUWARA dan pdf online s.id/ukmjuwara. Katalog daring ini dikemas dengan pendekatan Conversation Commerce atau c-commerce dengan memanfaatkan whatsapp sebagai platform yang penggunaannya sudah dipahami oleh khalayak. Baca juga: IPB University Sediakan 4.250 Kursi untuk Mahasiswa Baru 2021

Katalog ini mengusung kenyamanan bagi konsumen Indonesia untuk melihat, memilih, dan berinteraksi dengan para pelaku UKM Juwara melalui chat WhatsApp, yang dapat menghadirkan pengalaman interaksi yang lebih akrab dan personal.

Project Leader UKM Indonesia - LPEM FEB UI Dewi Meisari Haryanti menjelaskan, pandemi COVID-19 memang membuat banyak usaha tumbang, termasuk UMKM. Tapi disisi lain tidak sedikit pula yang meski sempat tumbang tetapi kembali bangkit untuk menjemput pasar dengan go digital.



"Itulah semangat yang ingin kami sampaikan melalui Program Katalog 100 #UKMJUWARA, sebuah program yang diinisiasi oleh UKM Indonesia selaku komunitas pertama di dunia yang menghadirkan katalog member,” katanya melalui siaran pers, Sabtu (16/1). Baca juga: Bukti PT Mampu Hadapi Tantangan Pandemi, Dirjen Dikti Apresiasi GeNose C19

UKM Indonesia adalah komunitas dan media digital pusat informasi, pengetahuan, dan kesempatan bagi UMKM yang ingin naik kelas melalui Web Portal ukmindonesia.id.

Sebagai Hak Cipta milik UI yang dikelola oleh LPEM FEB UI, ukmindonesia.id juga aktif mempublikasikan ragam analisis data berupa infografis, kajian, dan advokasi kebijakan untuk pemberdayaan UMKM Naik Kelas.



Dewi mengatakan, katalog ini diharapkan dapat menjadi referensi produk UKM Indonesia yang berkualitas dan mampu bersaing, serta tentunya turut mendukung kampanye #banggabuatanindonesia. Baca juga: BCA Tawarkan Beasiswa Kuliah Buat Lulusan SLTA dan Uang Saku Bulanan, Tertarik?

“Semoga kita dapat terus menggaungkan bersama untuk merajut aksi kolaborasi yang lebih luas lagi. Yuk, bantu share, beli, dan bela produk UKM lokal kita yang keren-keren ini. Kalau bukan kita yang mendukung kemajuan UKM dalam bangkit melawan pandemi, siapa lagi?” ujar Dewi.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!