UGM akan Terima 9 Ribu Mahasiswa Baru, Cek Syarat Pendaftaran

Selasa, 26 Januari 2021 - 16:12 WIB
loading...
UGM akan Terima 9 Ribu Mahasiswa Baru, Cek Syarat Pendaftaran
Sosialisasi penerimaan mahasiswa baru UGM di acara #UGMUpdate Bincang Seputar SNMPTN-SBMPTN. Foto/SINDOnews/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) akan menerima sekitar 9 ribuan mahasiswa baru pada tiga jalur penerimaan mahasiswa baru di 2021 ini.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan UGM Jagal Wisesa Marseno mengatakan, untuk tahun ini ada kebijakan persentase baru daya tampung di penerimaan mahasiswa baru UGM. Pertama untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) kuotanya 25 % dari total daya tampung UGM.

Kemudian, lanjut Jagal, untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) itu kuotanya sebanyak 35 % yang akan diterima di UGM. Serta untuk jalur ketiga yakni jalur mandiri kuota daya tampungnya sebanyak 40 %.

"Total keseluruhan dengan sekolah vokasi D4 atau S1 terapan kami kurang lebih ada 9 ribuan mahasiswa baru nanti," katanya pada #UGMUpdate Bincang Seputar SNMPTN-SBMPTN secara daring, Selasa (26/1).

Jagal menuturkan, untuk SNMPTN jika kuota daya tampungnya 25% maka kampus yang berpusat di DI Yogyakarta ini akan menerima sekitar 2 ribuan mahasiswa. Dia menerangkan, tim seleksi mahasiswa baru di UGM nanti akan menyeleksi calon mahasiswa baru jalur SNMPTN dengan mempertimbangkan prestasi sekolah, prestasi lulusan sekolah tersebut di UGM dan juga bila ada portofolio.

Selain itu, Jagal menjelaskan, jika ada siswa yang berasal dari provinsi yang sama atau bahkan dari sekolah yang sama maka akan dirangking dari prestasi rapor selama semester 1-5. "Jadi pertimbangannya cukup banyak untuk (menjadi) mahasiswa UGM," pungkas Jagal.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2532 seconds (0.1#10.140)