Kejar Akreditasi Internasional, UBP Karawang Gelar Kurikulum OBE

Kamis, 28 Januari 2021 - 11:37 WIB
loading...
Kejar Akreditasi Internasional, UBP Karawang Gelar Kurikulum OBE
Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang menggelar webinar dengan tema Kurikulum Berbasis Paradigama Outcome Based Education (OBE). Foto/SINDOnews/Nilakusuma
A A A
KARAWANG - Dalam rangka menyongsong Akreditasi Internasional , Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang menggelar webinar dengan tema “Kurikulum Berbasis Paradigama Outcome Based Education (OBE)”. OBE adalah mengintegrasikan desain kurikulum, assessment dan metode belajar mengajar pendidik. Dengan OBE, pendidik bisa sampai pada sebuah capaian pembelajaran yang ditempuh mahasiswa (out comes)

Rektor UBP Karawang, Dedi Mulyadi mengatakan kegiatan webinar "Kurikulum berbasis OBE merupakan persiapan UBP Karawang menuju akreditasi internasional. Hal ini juga bagian impelemnatsi dari Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM. "Ini semua sesuai dengan kurikulum dari Dikti," katanya.

Menurut Dedi, kewajiban dosen adalah melaksanakan Tri Dharma yaitu Pendidikan dan Pengajaran. Disitu ada kegiatan pengajaran yang memerlukan strategi dan rancangan metode pembelajaran. Dengan begitu, mahasiswa dapat memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan keadaan ekonomi, sosial, dan budaya akademik.

Selanjutnya, pengabdian kepada masyarakat dimana pendidik atau dosen dapat mengimplementasikan IPTEKS yang dimilikinya untuk dapat diimplementasikan dan dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Kemudian penelitian, dimana dosen melakukan sebuah kajian ilmiah berbasis ilmu pengetahuan yang dijadikan sebagai pengembangan ilmu pengetahuan.

Dedi berharap kegiatan Kurikulum Berbasis Paradigama Outcome Based Education (OBE) ini, semua dosen dilingkungan UBP karawang mampu memberikan paradigma baru terhadap mahasiswa. Proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif, karena UBP karawang akan menuju akreditasi internasional.

Sementara, Ketua Panitia pelaksanaan Puji Isyanto mengatakan, kegiatan ini diikuti 150 peserta yang terdiri dari seluruh unsur pimpinan dan Dosen UBP Karawang. Sedangkan pemateri yaitu Tim Ahli Pengembangan Kurikulum Kememdikbud Dr. Ir. Syamsul Arifin, MT.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5153 seconds (0.1#10.140)