Hasil Survei, Cara Ini Paling Efektif Lulus UTBK di PTN Favoritmu

Jum'at, 29 Januari 2021 - 15:01 WIB
loading...
A A A
Karenanya, untuk lebih membekali siswa dengan keterampilan nyata yang diperlukan untuk ujian, Zenius telah meningkatkan konten UTBK dalam aplikasi nya secara signifikan untuk merangsang kegiatan belajar yang lebih aktif. Bank soal Zenius memungkinkan siswa untuk memilih LOTS, HOTS, atau tryout dengan mudah.

"Kami bangga dalam menciptakan konten dan produk yang menyenangkan untuk siswa kami dan kami ingin siswa secara aktif mencari pengetahuan baru sendiri. Kami percaya dengan mempromosikan latihan secara simultan semacam ini, siswa akan dapat dengan cepat meningkatkan dan membangun penguasaan keterampilan UTBK mereka,” lanjutnya.

Penerapan prinsip pembelajaran aktif juga sejalan dengan artikel berjudul “The Neuroscience of Active Learning” oleh Claire Hoogendoorn[2] dari New York City College of Technology.

Rohan juga mengatakan, berdasarkan temuan Zenius, mereka yang berhasil dalam ujian UTBK juga menerapkan metode ‘spaced repetition’ atau pengulangan berjarak, di mana mereka cenderung belajar dalam waktu yang singkat pada setiap sesi daripada memaksakan diri untuk belajar berjam-jam. Temuan ini juga didukung oleh studi Cornell University yang menemukan bahwa rentang perhatian siswa berkurang setelah belajar selama 15-20 menit.

Artinya, semakin lama siswa belajar di setiap sesi, fokus mereka akan mudah terpecah dan mereka mudah lelah, sehingga efisiensi belajar mereka akan berkurang. Periode waktu belajar yang tetap akan membuat siswa untuk melakukan lebih banyak hal dalam periode yang lebih singkat dan dengan tambahan waktu istirahat setelah sesi belajar selama 20 menit, siswa akan dapat menjaga otak mereka tetap segar dan siap untuk menghadapi lebih banyak tantangan dan meningkatkan kemampuan mengingat.

Metode ‘spaced repetition’ adalah strategi manajemen waktu yang mendorong pembelajaran yang singkat dan kuat dengan jeda yang cukup alih-alih belajar di sesi 3-4 jam yang panjang. Zenius juga menemukan bahwa siswa yang menerapkan metode belajar serupa, di mana mereka belajar selama kurang lebih 20 menit selama dua kali sehari selama tiga kali seminggu, memiliki peluang lebih besar untuk lolos UTBK.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)