Inovasi, 4 Mahasiswa UNS Ciptakan Pendeteksi Dini Diabetes Melitus

Senin, 01 Februari 2021 - 16:16 WIB
loading...
A A A
“Selain itu, melalui uji XRD (X-Ray Diffraction) peneliti melihat pola difraksi dari selulosa murni yang terlihat daerah kristal dan daerah amorf. Peneliti juga dapat mengukur indeks kristalinitas dari nanokristal selulosa yg dihasilkan yaitu sebesar 87,1%,” tambah Ramanda.

Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai oleh Ramanda dan rekan-rekannya adalah untuk mengetahui kemampuan nanokristal selulosa dari TKKS/ Graphene-Carbon nanotube (NKS TKKS/G-CNT) sebagai komponen biosensor glukosa shingga dapat diketahui keefektifan mengukur kadar glukosa dalam urine.

Saat ditanya mengenai harapannya melalui Elaeis Glucotest, Ramanda ingin penelitian tersebut dapat mendorong terciptanya produk pendeteksi glukosa dengan komponen nanokristal selulosa dari TKKS/ Graphene-Carbon nanotube yang bermanfaat sebagai pendeteksi dini diabetes melitus.

“Kami juga ingin mengurangi ketersediaan dan menambah nilai guna TKKS dengan memanfaatkannya sebagai komponen biosensor glukosa serta hasil penelitian ini akan diseminarkan pada satu seminar nasional atau satu seminar internasional,” pungkasnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)