Inovasi, Mahasiswa ITS Ciptakan Alat Pendeteksi Covid-19 di Klaster Pendidikan

Senin, 08 Februari 2021 - 23:36 WIB
loading...
Inovasi, Mahasiswa ITS Ciptakan Alat Pendeteksi Covid-19 di Klaster Pendidikan
(dari kiri) Nanak Cito Tetuko, Egik Ardiatmajaya, dan Mohammad Jailani saat menunjukkan piala dan prototype presensi pintar buatan timnya. Foto/Dok/Humas ITS
A A A
JAKARTA - 3 mahasiswa ITS menggagas alat presensi pintar untuk membantu sector pendidikan . Alat ini melakukan presensi, deteksi suhu, hand sanitizer otomatis hingga informasi riwayat perjalanan.

Ketiga mahasiswa departemen teknik instrumentasi ini adalah Mohammad Jailani, Egik Ardiatmajaya, dan Nanak Cito Tetuko yang tergabung dalam sebuah tim bernama Insforty Team.

Baca juga: IPB University Ciptakan Aplikasi Cek Status Gizi Online untuk Atasi Stunting


Menurut Ketua Tim Mohammad Jailani, inovasi ini diangkat dari adanya kasus penyebaran Covid-19 pada sektor pendidikan. “Agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 di sekolah, maka diperlukan protokol kesehatan yang aman dan otomatis,” katanya melalui siaran pers, Senin (8/2/2021).

Jailani melanjutkan, Presensi Pintar (Presentar) ini digagas untuk mencegah kontak fisik antara manusia saat melakukan pengecekan sesuai protokol kesehatan di sektor pendidikan. Alat ini dapat melakukan presensi, mendeteksi suhu tubuh, hand sanitizer otomatis, dan dapat mengetahui riwayat perjalanan seseorang.

Lebih lanjut, mahasiswa angkatan 2018 ini menjelaskan, terdapat beberapa inovasi pada Presentar buatan timnya. Pertama, sistem ini menggunakan masked face recognition yang dimaksudkan agar presensi tetap dapat dilakukan meskipun menggunakan masker dan tanpa menyentuh benda apapun.

Terdapat 5 tahapan proses pada sistem ini. Yakni menggunakan Multi-Task Cascaded Convolution Neural Network (MTCNN) yaitu Facial Image Acquisition, Masked Face Detection Using MTCNN, Image Post-processing, Feature Extraction using FaceNet, dan Face Verification Using SVM.

“Dengan tahapan ini wajah seseorang akan dapat dikenali secara otomatis dan akurat,” papar pemuda 20 tahun ini.

Tidak hanya itu, Jailani menuturkan, alat ini juga dilengkapi dengan thermal detector yang berfungsi untuk mengetahui suhu tubuh seseorang. Terdapat juga hand sanitizer otomatis agar tangan tetap bersih dan higienis.

Sedang untuk mengetahui riwayat perjalanan seseorang, alat ini dilengkapi juga dengan Global Positioning System (GPS) tracking yang akan memonitoring lewat sistem yang didesain berbasis IoT (Internet of Things). “Harapannya sebelum masuk ke sekolah, sudah dijamin kesterilan seseorang lewat protokol kesehatan otomatis ini,” tutur mahasiswa asal Probolinggo ini.

Berbuah manis, jerih payah selama dua bulan dari tim bimbingan Brian Raafi’u SST MT ini berhasil meraih juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Borneo Scientific Fair 4 yang diadakan oleh UKM PP Lisma Universitas Tanjungpura, Januari lalu.

Jailani berharap, ke depan alat presensi pintar ini bisa terealisasi dan bisa berjalan efektif di sekolah-sekolah jika digunakan pada sistem presensi di era normal baru. “Dengan begitu, sistem presensi ini mungkin bisa diterapkan di berbagai sektor seperti industri maupun perkantoran,” pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)