Kompetisi Shinkenjuku Mathematics Dorong Siswa SD Senang Matematika

Rabu, 10 Februari 2021 - 08:18 WIB
loading...
Kompetisi Shinkenjuku Mathematics Dorong Siswa SD Senang Matematika
Seorang siswa SD mengikuti Shinkenjuku Mathematics Championship 5.0 Online. Foto/Shinkenjuku
A A A
JAKARTA - Lembaga bimbel khusus matematika tingkat SD Shinkenjuku kembali menggelar Shinkenjuku Mathematics Championship 5.0 Online . Kompetisi ini digelar dengan harapan para pelajar bisa menyenangi matematika yang terkenal menakutkan.

Mengawali tahun 2021, Shinkenjuku sebagai salah satu lembaga bimbingan belajar khusus matematika tingkat SD kembali menggelar perhelatan resmi lomba yaitu Shinkenjuku Mathematics Championship 5.0 Online atau lebih dikenal dengan SMC 5.0 Online.

Baca juga: Bantu Pembelajaran Siswa, Mendikbud Luncurkan Kampus Mengajar 2021


Lomba yang rutin digelar 2 kali dalam setahun ini terasa lebih istimewa karena tidak hanya bisa diikuti oleh para member Shinkenjuku. Akan tetapi Shinkenjuku memberi kesempatan yang luas kepada anak-anak dari seluruh Sekolah Dasar di Indonesia untuk dapat ikut berkompetisi.

Shinkenjuku berkomitmen untuk dapat terus memberikan wadah berupa sarana kompetisi yang bertujuan untuk mengasah dan mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi anak-anak Indonesia.

Oleh karena itu, Shinkenjuku memfasilitasi para peserta lomba dengan persiapan materi berupa seri buku kemampuan berpikir yaitu Kangaeru yang dirancang khusus dan terdiri dari soal-soal High Order Thinking Skill (HOTS) agar anak terbiasa berpikir dalam, kritis dan inovatif.

Baca juga: 3 Data Ini Wajib Disiapkan untuk Daftar KIP Kuliah


Meski di tengah pandemi Covid-19, gelaran SMC 5.0 Online tetap ditunggu oleh para orang tua dan anak untuk bisa ikut berpartispasi. Antusiasme yang tinggi dari para peserta lomba terlihat mulai dari tryout, berlanjut ke babak kualifikasi hingga final yang sudah dilaksanakan pada 16 Januari 2021 hingga 30 Januari 2021.

Manager of Shinkenjuku Customer Service Kusumaninghayu Sihpudyastuty mengatakan, sangat menyenangkan dapat melihat dan merasakan semangat belajar anak-anak yang turut serta dalam pelaksanaan lomba.

Dia menjelaskan, lomba disajikan bentuk soal dengan kesulitan tinggi, namun anak-anak dapat melaluinya. "Shinkenjuku ingin semakin banyak anak di Indonesia memiliki kemampuan berpikir yang dalam, mandiri dan mampu menjawab setiap tantangan yang ada. Program SMC 5.0 adalah salah satu pendekatan yang kami lakukan untuk dapat membuat anak-anak senang dan bersemangat terhadap matematika,” katanya melalui siaran pers, Selasa (9/2/2021).

Baca juga: Digaji 300 Ribu, Guru Honorer Dilema antara Panggilan Hati dan Kebutuhan Perut


Menurut Presiden Direktur PT Benesse Indonesia Keiko Toyoizumi, ini kali kelima kegiatan Shinkenjuku Mathematics Championship dilaksanakan secara online. Saat SMC 4.0 terakhir kali digelar pada Juli 2020, banyak anak-anak dari seluruh member Shinkenjuku di Indonesia yang berpartisipasi.

Dia berharap melalui lomba ini, anak-anak menjadi lebih akrab dengan matematika dan menjadi lebih bersedia untuk memecahkan dan memikirkan masalah. Selain itu adalah memberikan kekuatan kepada masyarakat untuk hidup dengan penuh semangat bahkan di era Pandemi dimana sangat sulit bagi anak untuk berpikir tentang belajar.

"Saya sangat berharap bahwa anak-anak akan tumbuh dengan tema besar yaitu bersikap positif tentang masalah apa pun dan memiliki perasaan bahwa itu akan tercapai," pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8238 seconds (0.1#10.140)