Tips Sukses SNMPTN, Pilih Program Studi Sesuai Minat

Rabu, 10 Februari 2021 - 09:06 WIB
loading...
Tips Sukses SNMPTN, Pilih Program Studi Sesuai Minat
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof Arief Sjamsulaksan Kartasasmita dan Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, dalam talkshow bertema Sosialisasi SNMPTN Unpad 2021. Foto/Unpad
A A A
JAKARTA - Pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 perlu cermat ketika memilih program studi . Peserta sebaiknya memilih program studi sesuai minat sekaligus memperhatikan keterampilan apa yang dibutuhkan di masa depan.

“Jadi yang perlu dilihat adalah yang disebut dengan future skills dan future jobs,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Prof. dr. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, PhD seperti dikutip dari laman resmi Universitas Padjajaran (Unpad) di unpad.ac.id, Selasa (9/2/2021).



Dengan demikian, peserta sebaiknya tidak terlalu terpaku pada angka keketatan atau tingginya peminat saat ini. Menurut Prof. Arief, peserta perlu memikirkan kebutuhan atau pekerjaan yang sekiranya diperlukan dalam beberapa tahun mendatang ketika sudah lulus kuliah dan terjun ke dunia nyata.

Lebih lanjut Prof. Arief mengatakan, SNMPTN merupakan buah dari kerja keras peserta dalam tiga tahun di SMA. Untuk itu, sebaiknya kesempatan baik ini tidak disia-siakan. “Pilihlah yang sesuai dengan passion, yang kedua pilihlah perguruan tinggi yang baik,” pesannya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi, PhD. Menurutnya, peserta perlu cermat melihat perkembangan. Ada beberapa program studi yang beberapa tahun lalu tidak tinggi peminat, tetapi akhir-akhir ini meningkat karena kebutuhan ilmunya di masa mendatang.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah Dibuka, Apa Saja Syaratnya?


“Jangan tertipu dengan peminat di tahun lalu, karena perubahan dinamikanya cukup cepat,” pesan Fahmi.

Memilih prodi sesuai minat pun dibutuhkan agar mahasiswa dapat menjalani kuliah dengan nyaman dan memiliki hasil yang baik. Jika tidak, mahasiswa biasanya tidak optimal dalam menjalani kuliah bahkan berdampak saat terjun ke dunia kerja. “Saya pikir pemilihan program studi sangat penting yang sesuai dengan minat,” ujar Fahmi.

Fahmi pun berpesan bagi peserta yang ingin kuliah di Unpad, diharapkan dapat mempersiapkan dengan baik, seperti memperhatikan proses pendaftaran, cermat memilih prodi, dan tidak lupa berdoa. Dia menuturkan, untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi yang baik memang membutuhkan kerja keras dan komitmen.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)