Ornamen Header
Mahasiswa UI Kembangkan Aplikasi Interaktif Belajar Alquran Game-Based Learning
Mahasiswa UI Kembangkan Aplikasi Interaktif Belajar Alquran Game-Based Learning
Aplikasi web pembelajaran Alquran hasil inovasi mahasiswa UI. Foto: SINDOnews/Neneng Zubaidah
JAKARTA - Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) mengembangkan aplikasi web pembelajaran Alquran berbasis interactive learning, collaborative learning, dan game-based learning. Aplikasi ini membantu masyarakat lebih dekat dengan Alquran secara visual.

Berkat Inovasi ini, tim UI yang diberi nama Tim Hafidz Lab berhasil memenangkan kompetisi nasional Hackathon yang diselenggarakan Muslim Hackfest.

(Baca:Inovasi Mahasiswa UI untuk Layanan Asuransi Boyong Juara 1)

Lulu Ilmaknun Qurotaini (mahasiwa jenjang S1 Ilmu Komputer 2017) dan anggota timnya memutuskan membuat aplikasi ini agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat muslim secara luas. “Kami berharap aplikasi Al-Qur’an Learning Laboratory yang kami buat dapat membawa manfaat bagi umat Islam secara mendunia,” katanya melalui siaran pers, Jumat (19/2).



Aplikasi ini dapat membantu pengguna belajar dan berinteraksi dengan Alquran melalui fitur-fitur seperti personal test yang membantu pengguna dalam proses penghafalan Alquran. Selain itu, fitur multiplayer yang memungkinkan pengguna berkompetisi dengan pengguna lainnya.

Fitur lain adalah challenge, yakni ruang interaksi antar pengguna untuk memberikan tantangan dan fitur progress record yang digunakan untuk merekam riwayat dan kemajuan dari hafalan Alquran pengguna.

(Baca:Mau Daftar Kelas Internasional IPB University? Ini Kuota dan Cara Daftarnya)



Pengembangan aplikasi ini menggunakan teknologi kecerdasan artifisial untuk menghasilkan pilihan jawaban otomatis yang diambil berdasarkan statistik kesalahan pengguna paling banyak.

Selain itu, aplikasi ini juga dibangun dengan menggunakan teknik Progressive Web Applications, dengan begitu memungkinkan bagi pengguna untuk dapat merasakan pengalaman menggunakan situs web layaknya mobile app. Aplikasi ini dapat diakses dalam kondisi offline dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan.

Dr. Panca Hadi Putra selaku dosen dan Koordinator Humas Fasilkom UI menambahkan, “Sebelumnya Fasilkom UI juga telah meluncurkan inovasi dan beragam aplikasi dengan tema islami, di antaranya, aplikasi Online Arabic Learning yang dikembangkan oleh laboratorium Digital Library and Distance Learning (DL2) Fasilkom UI,” pungkasnya.
(poe)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!