Ornamen Header
Setelah Donasikan Gawai, IKA ITS Bikin Pelatihan Pembuatan Ujian Online untuk Guru
Setelah Donasikan Gawai, IKA ITS Bikin Pelatihan Pembuatan Ujian Online untuk Guru
Sebanyak 46 guru dari yang berasal dari empat SD negeri di Banten dan Jawa Barat mengikuti pelatihan pembuatan ujian online yang diselenggarakan PP IKA ITS, Sabtu (27/2/2021). Foto/humas IKA ITS
JAKARTA - Pengurus Pusat Ikatan Alumni ITS (PP IKA ITS) menggelar pelatihan pembuatan ujian daring untuk para guru, Sabtu (27/2/2021). Pelatihan ini diikuti 46 guru pada empat sekolah dasar di wilayah Banten dan Jawa Barat.

Keempat sekolah itu masing-masing SDN Pondok Kacang Barat 03 dan SDN Pondok Kacang Timur 01, Pondok Aren, Tangerang Selatan, SDN 2 Bojong Menteng - Lebak, Banten serta SDN Cidokom 01 Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Indah Suciati, ketua panitia kegiatan menjelaskan, kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan teknis tentang bagaimana memuat materi ujian secara online. Hal ini penting mengingat masih banyak para guru yang belum familiar dengan internet dan teknologi informasi.

(Baca: Gandeng IKA ITS Jakarta Raya, Mahasiswa ITS Gelar Kegiatan Ideas 2021)

Sementara di sisi lain, pandemi Covid-19 mau tidak mau mengharuskan interaksi dunia pendidikan secara daring termasuk dalam dalam hal ujian, khususnya guru dan siswa. ”Ini adalah program lanjutan donasi gadget untuk belajar jarak jauh. Pelatihan ini bertujuan untuk penguatan dan pengayaan tenaga pendidik. IKA ITS berharap turut membantu sektor pendidikan, di masa pandemi pada khususnya, dan lebih jauh untuk kemajuan ke depan,” ujar Indah, Minggu (28/2/2021)



Dalam kegiatan ini para guru mendapatkan materi pembuatan ujian online menggunakan aplikasi socrative. Aplikasi ini gratis dan lebih mudah dibandingkan google meet. ”Waktu pelaksanaan ulangan juga bisa disesuaikan. Saat semua anak didik sudah selesai menjawab soal, guru bisa langsung melihat nilai dan langsung masuk ke database. Nilai itu jug bisa dibagikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan data nilai tersebut, misalnya guru kelas dana bagian akademik sekolah,” tutur Indah.

(Baca: Menko PMK Terima Lebih 500 Gawai dari IKA ITS untuk Bantuan Belajar Jarak Jauh)

Pada pelatihan ini panitia menghadirkan pemateri Mareta Pratiwi, M. S. Ed, Kabid Pendidikan Tinggi Kemenko Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Selain dibekali informasi-informasi penting yang berkaitan dengan dunia internet, para guru juga berkesempatan mempraktikkan materi pelatihan.

Dikemas secara santai dan menyenangkan, para peserta pun terlihat antusias ketika panitia menyajikan games dan quiz memperebutkan hadiah-hadiah kecil yang menarik.
(muh)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!