Patut Ditiru, Ini 10 Negara dengan Rasio Guru dan Siswa Ideal

Minggu, 07 Maret 2021 - 17:30 WIB
loading...
A A A
Luksemburg, negara terkurung daratan di Eropa Barat, memiliki sistem pendidikan yang terorganisir dengan baik di mana kehadiran sekolah adalah suatu keharusan bagi anak antara usia 4 hingga 16 tahun. Mayoritas sekolah di negara ini menawarkan pendidikan gratis untuk sekolah dasar. Tidak lebih dari sembilan siswa diajar oleh satu guru di setiap kelasnya.

6. Kuba

Patut Ditiru, Ini 10 Negara dengan Rasio Guru dan Siswa Ideal


Rasio guru dan murid sekolah dasar : satu guru per 9 siswa

Menurut data UNESCO di 2015, Kuba memiliki tingkat melek huruf 99,7%. Negara ini memiliki sistem pendidikan peringkat teratas yang dipertahankan dengan alokasi anggaran pemerintah sebesar 10% dari anggaran nasional. Pendidikan sekolah dasar diwajibkan di negeri Fidel Castro ini dan ada rata-rata 9 murid di sekolah dasar untuk ditangani oleh seorang guru. (Baca juga: Sekolah Harus Mampu Melembagakan Nilai Toleransi)

7. Andorra

Patut Ditiru, Ini 10 Negara dengan Rasio Guru dan Siswa Ideal


Rasio guru dan murid sekolah dasar : satu guru per 9 siswa

Tingkat melek huruf orang dewasa di Andorra, negara mikro di Eropa Barat Daya ini hampir 100%. Pendidikan anak usia 6 hingga 16 tahun adalah wajib di negara ini, di mana pendidikan juga diberikan secara gratis hingga tingkat menengah.

Tiga jenis sekolah hadir di negara ini dalam istilah bahasa pengantar yang sebagian besar digunakan. Yaitu, sekolah Andorra, Prancis, dan Spanyol, dengan sekitar 50% anak Andorra bersekolah di sekolah dasar berbahasa Prancis. Pendidikan di negara ini tidak hanya gratis, tetapi rasio guru dan murid kecil yakni satu guru hanya mengajar 9 siswa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)