Peringkat ITS Naik dalam QS World University Ranking by Subject 2021

Selasa, 09 Maret 2021 - 10:06 WIB
loading...
Peringkat ITS Naik dalam QS World University Ranking by Subject 2021
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Foto/Dok/Humas ITS
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali membuktikan diri sebagai salah satu universitas kelas dunia. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan meningkatkan peringkatnya pada kategori Engineering & Technology pada pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) by Subject 2021.

Pemeringkatan QS WUR by Subject 2021 diluncurkan secara virtual pada acara webinar on-demand dengan mencakup 51 bidang keilmuan yang terkelompokkan dalam lima broad subject areas, yaitu Art & Humanities, Engineering and Technology, Life Sciences & Medicine, Natural Sciences dan Social Sciences & Management.



Melalui siaran pers, Selasa (9/3), Manajer Senior Urusan World Class University ITS Rulli Pratiwi Setiawan mengungkapkan, aspek penilaian tahun ini mempunyai empat indikator. Yaitu berupa Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Paper, dan H-Index Citations.

Dalam kriteria penilaian, dosen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS ini menjelaskan, masing-masing bidang keilmuan dalam QS WUR by Subject mempunyai bobot penilaian yang berbeda. Namun untuk bidang keilmuan yang ada dalam lingkup Engineering and Technology mempunyai bobot yang sama untuk tiap indikator.

Yaitu 40 % untuk Academic Reputation, 30 % untuk Employer Reputation, 15 % untuk Citations per Paper, dan 15 % untuk H-Index Citations.



Untuk kategori Engineering and Technology, ITS pun meraih peringkat 401 – 450 dalam QS WUR by Subject 2021. Peringkat tersebut naik dibandingkan QS WUR by Subject 2020 yang masih berada pada peringkat 451 – 500 untuk bidang yang sama.

Pada bidang ini, ITS mendapat torehan skor 66,30 untuk kriteria Academic Reputation. Kemudian, kriteria Employer Reputation mendapat skor 65,30; kriteria Citations per Paper mendapat skor 55,20; dan kriteria H-index Citations mendapat skor 42,40.

“Terdapat terdapat tiga bidang keilmuan yang lebih spesifik, di mana ITS masuk dalam 500 besar QS WUR by Subject 2021, yaitu Mechanical Engineering, Computer Science & Information System, dan Electrical & Electronic,” papar Rulli.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7832 seconds (0.1#10.140)