Puluhan Mahasiswa, Pelajar dan Santri Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik LTN-NU

Selasa, 16 Maret 2021 - 20:16 WIB
loading...
Puluhan Mahasiswa, Pelajar dan Santri Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik LTN-NU
Puluhan mahasiswa, pelajar dan santri di Kota Kebumen mengikuti Pelatihan Jurnalistik Muda (Lajuda) 2021 yang digelar LTN-NU Kebumen. Foto/Dok/LTN-NU Kebumen
A A A
JAKARTA - Puluhan mahasiswa , pelajar dan santri di Kota Kebumen dan sekitarnya antusias mengikuti Pelatihan Jurnalistik Muda (Lajuda) 2021 yang digelar oleh Lembaga Ta`lif wan Nasyr (LTN) Nahdlatul Ulama (NU) Kebumen. Pelatihan yang digelar secara daring tersebut bertujuan untuk memfasilitasi minat dan bakat jurnalistik generasi muda NU agar lebih mahir dalam dunia tulis menulis.

Pembina LTN-NU Kebumen yang juga Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen H Tauhid Alamsyah saat membuka Lajuda 2021 mengatakan, PCNU Kebumen sangat berterimakasih kepada LTN-NU yang telah mempublikasikan seluruh kegiatan PCNU beserta jajaran lembaga dan pengurusnya di sejumlah tingkatan kepada khalayak umum.



"Ini artinya dunia media informasi komunikasi dan publikasi menjadi penting, dan pelatihan jurnalistik ini menjadi sangat strategis," kata H Tauhid Alamsyah dalam sambutannya usai membuka secara resmi 'Pelatihan Jurnalistik Muda' (Lajuda) 2021 secara virtual, Minggu (7/3/2021).

Pelatihan Jurnalistik Muda LTN-NU Kebumen ini merupakan rangkaian dari sejumlah acara yang akan berlangsung selama 2 pekan, yakni mulai dari Minggu, 7 Maret hingga 21 Maret 2021. Setelah pelatihan berakhir, peserta yang serius ingin mengembangkan bakat dan minatnya, akan difasilitasi LTN untuk magang di sejumlah media.

Ketua LTN-NU Kebumen Agus Salim Chamidi mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalistik sangat penting untuk dilaksanakan. Sebab, generasi muda Nahdlatul Ulama (NU) harus dibekali kemampuan dan ketrampilan dalam hal tulis menulis, baik dalam kaitan karya ilmiah, penulisan buku, maupun publikasi media.



“LTN ingin memfasilitasi minat dan bakat jurnalistik kawula muda Kebumen dan sekitarnya. Ini akan menjadi bekal mereka yang sangat berarti baik dalam urusan perkuliahan, pekerjaan, dan lain-lain,” jelas Agus Salim disela-sela membuka acara 'Pelatihan Jurnalistik Muda' 2021 secara daring, Minggu (7/3/2021).
Puluhan Mahasiswa, Pelajar dan Santri Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik LTN-NU

Agus Salim menyebutkan, pelatihan jurnalistik yang akan berlangsung selama 2 pekan ini, diawali dengan materi 'Perundang-undangan Jurnalistik di Indonesia' yang dipandu langsung oleh Ketua PWI DIY Hudono. Dalam paparannya, Hudono banyak menyoroti soal rambu-rambu hukum pers dan kode etik jurnalistik.

Materi pelatihan kedua yakni 'Menulis Berita'. Materi yang dibawakan oleh wartawan senior SINDOnews.com dan Koran Sindo, M Purwadi, banyak mengupas soal nilai, syarat, dan jenis-Jenis Berita. Termasuk membahas enam unsur penulisan berita yang dikenal dengan 5W + 1H yaitu: What, Who, When, Where, Why, dan How.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)