Hasil Riset dan Inovasi, UNS Hadirkan 36 Produk Siap Komersil

Jum'at, 19 Maret 2021 - 23:10 WIB
loading...
Hasil Riset dan Inovasi, UNS Hadirkan 36 Produk Siap Komersil
Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Jamal Wiwoho. Foto/Dok/Humas UNS
A A A
JAKARTA - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menghadirkan 36 produk hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang siap dikomersialisasikan. Melalui kegiatan ini diharapkan semakin meningkatkan semangat riset di kampus UNS .

Rektor UNS Pof Jamal Wiwoho mengatakan, inovasi adalah energi untuk dapat menciptakan perubahan. Inovasi juga adalah solusi untuk mengatasi permasalahan dan modal untuk memenangkan persaingan.



Dia menjelaskan, UNS sebagai Pusat Riset, Inovasi dan Pengabdian Masyarakat pun memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk hadir ditengah-tengah masyarakat. Yakni dengan membawa produk hasil riset dan inovasi yang siap dimanfaatkan oleh masyarakat luas dan industri.

"Dengan kehadiran 36 produk UNS Siap Komersial dalam Pameran kali ini, sebagai pertanda aktifitas riset dan inovasi yang dilakukan para dosen UNS telah mencapai fase untuk dihilirisasikan," katanya pada Launching dan Pameran Produk Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Siap Komersil melalui keterangan tertulis, Jumat (19/3).

Rektor mengatakan, keberhasilan menciptakan produk riset siap komersial adalah bukti pencapaian indikator kinerja utama UNS pada riset dan pengabdian masyarakat. Sekaligus untuk memantik semangat para peneliti untuk terus berkarya membangun kemandirian IPTEK bangsa.



Jamal menuturkan, lompatan strategis yang telah dilakukan oleh teman-teman sejawat dosen dan peneliti UNS untuk mendorong akselerasi hilirisasi produk hasil riset ini patut diapresiasi. Juga sangat relevan dan menjadi arus utama transformasi UNS menjadi PTNBH.

"Kita juga harus tahu, bahwa berbagai negara saat ini juga sedang berlomba untuk menjadi negara terdepan, tercepat, terunggul melalui inovasi," ujarnya.

Transformasi PTNBH UNS ini, katanya, harus didukung dengan semangat kolaborasi dan sinergi semua sivitas akademika UNS untuk mewujudkan pusat unggulan dan invensi IPTEKS UNS yang produktif, maju dan berkelanjutan dan unggul di tingkat nasional dan internasional.

Dia berharap, kegiatan ini akan mendorong peningkatan kualitas serta produktifitas riset dan inovasi UNS di masa mendatang. Selain itu, Badan Pengembangan Unit Bisnis UNS (BPU) juga membantu melakukan penjajagan kerjasama triple helix dengan institusi dan industri untuk merealisasikan komersialisasi dan pemasaran produk UNS.

"Saya berharap kolaborasi dan sinergi antar bidang secara internal di UNS sudah menjadi keharusan untuk dijalankan secara baik dan cepat. Mari jadikan institusi UNS menjadi tambang riset dan inovasi yang potensial untuk terus dikembangkan secara berkelanjutan," pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4149 seconds (0.1#10.140)