Mendikbud: Pembukaan Sekolah Diakselerasi dengan Vaksinasi dan Dana BOS

Kamis, 01 April 2021 - 13:53 WIB
loading...
Mendikbud: Pembukaan Sekolah Diakselerasi dengan Vaksinasi dan Dana BOS
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan akselerasi pembukaan sekolah tatap muka terbatas diakselerasi dengan vaksinasi dan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Mantan petinggi Gojek ini menjelaskan, opsi yang harus dilakukan di masa pandemi Covid-19 saat ini adalah sekolah harus dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat.



"Kita harus hidup dengan pandemi Covid-19. Jadinya mau tidak mau saya kira tidak punya opsi lagi. Kita harus mulai melaksanakan sekolah tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat," katanya pada dialog FMB9 Rindu Pembelajaran Tatap Muka, secara daring, Kamis (1/4).

Mendikbud menjelaskan, dari segi kesiapan ada dua hal yang dilakukan untuk mengakselerasi pembukaan tatap muka terbatas. Pertama, katanya adalah akselerasi vaksin yang diprioritaskan untuk guru dan tenaga pendidik.

"Pak presiden sudah berkomitmen usahakan di akhir bulan Juni sampai bulan Juli itu, sudah semua guru dan dosen kita dan tenaga pendidik kita sudah divaksin. Itu yang pertama," jelasnya.



Akselerasi kedua, jelasnya, adalah dana BOS yang sudah diberikan fleksibilitas penuh untuk sekolah melakukan persiapan tatap muka. Baik itu untuk pembelian masker, untuk beli peralatan sanitasi, hand sanitizer dan juga thermogun.

"Jadinya harusnya prioritas daripada semua dana BOS adalah untuk melaksanakan tatap muka itu. Jadi itu kira-kira persiapannya," pungkas Nadiem.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2908 seconds (0.1#10.140)