Ornamen Header
Mendikbud: Pembukaan Sekolah Diakselerasi dengan Vaksinasi dan Dana BOS
Mendikbud: Pembukaan Sekolah Diakselerasi dengan Vaksinasi dan Dana BOS
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan akselerasi pembukaan sekolah tatap muka terbatas diakselerasi dengan vaksinasi dan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Mantan petinggi Gojek ini menjelaskan, opsi yang harus dilakukan di masa pandemi Covid-19 saat ini adalah sekolah harus dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Hari Ini Pendaftaran Terakhir UTBK SBMPTN 2021, Cek Info Terbarunya

"Kita harus hidup dengan pandemi Covid-19. Jadinya mau tidak mau saya kira tidak punya opsi lagi. Kita harus mulai melaksanakan sekolah tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat," katanya pada dialog FMB9 Rindu Pembelajaran Tatap Muka, secara daring, Kamis (1/4).

Mendikbud menjelaskan, dari segi kesiapan ada dua hal yang dilakukan untuk mengakselerasi pembukaan tatap muka terbatas. Pertama, katanya adalah akselerasi vaksin yang diprioritaskan untuk guru dan tenaga pendidik.

"Pak presiden sudah berkomitmen usahakan di akhir bulan Juni sampai bulan Juli itu, sudah semua guru dan dosen kita dan tenaga pendidik kita sudah divaksin. Itu yang pertama," jelasnya.



Baca juga: Ini Pesan Mendikbud yang Wajib Ditaati Jika akan Terapkan Pembelajaran Tatap Muka

Akselerasi kedua, jelasnya, adalah dana BOS yang sudah diberikan fleksibilitas penuh untuk sekolah melakukan persiapan tatap muka. Baik itu untuk pembelian masker, untuk beli peralatan sanitasi, hand sanitizer dan juga thermogun.

"Jadinya harusnya prioritas daripada semua dana BOS adalah untuk melaksanakan tatap muka itu. Jadi itu kira-kira persiapannya," pungkas Nadiem.
(mpw)
TULIS KOMENTAR ANDA!