Ini 5 Alasan Prodi Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB Jadi Pilihan Mahasiswa Baru

Selasa, 13 April 2021 - 00:28 WIB
loading...
Ini 5 Alasan Prodi Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB Jadi Pilihan Mahasiswa Baru
Mahasiswa Prodi ITK IPB tengah mempelajari dan memanfaatkan teknologi penginderaan jauh untuk eksplorasi sumberdaya dan lingkungan laut. Foto/Humas IPB
A A A
JAKARTA - Program Studi (Prodi) Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) di bawah naungan Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University yang berdiri sejak 1986 ini telah terakreditasi nasional dan internasional.

Saat kuliah di Prodi ITK, mahasiswa akan mempelajari dan memahami karakter, fenomena, proses (fisika, kimia, biologi dan geologi laut) dengan memanfaatkan teknologi penginderaan jauh, akustik dan robotika kelautan untuk eksplorasi sumberdaya dan lingkungan laut.



Menurut Ketua Departemen ITK, Dr Agus S Atmadipoera, setidaknya ada lima alasan memilih Prodi ini di IPB University. Pertama adalah prodi ini telah terakreditasi A “excellent” oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Berikutnya prodi ini juga terakreditasi internasional oleh Institute of Marine Science Engineering, Science and Technology (IMarEST) dari Inggris sejak tahun 2013,” katanya melalui siaran pers, Senin (12/4).

Yang ketiga, merupakan bagian Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan pertama di Indonesia dan selalu menjadi trendsetter dalam bidang tersebut termasuk bidang pendidikan dan kurikulum. Prodi ITK pun memiliki kualitas dosen terbaik dimana terdapat 6 professor dan 24 dosen lain bergelar Doktor.



“Terakhir merupakan departemen terinovatif dimana penelitian dosen ITK selalu masuk dalam daftar 100+ Inovasi Indonesia Paling Prospektif (Bisnis Innovation Center-Kementerian Riset dan Teknologi),” ujar Dr Agus.

Pada Departemen ITK terdapat 5 divisi laboratorium yaitu Divisi Akustik - Instrumentasi - Robotika Kelautan, Divisi Hidrobiologi Laut, Divisi Penginderaan Jauh dan SIG (Sistem Informasi Geografis) Kelautan serta Divisi Oseanografi.

Setiap divisi tentunya didukung dengan sarana prasarana memadai untuk menunjang kegiatan pembelajaran mahasiswa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2724 seconds (0.1#10.140)