Ornamen Header
Ini 5 Program Unggulan Ditjen Diksi untuk Tingkatkan Daya Saing Mahasiswa Vokasi
Ini 5 Program Unggulan Ditjen Diksi untuk Tingkatkan Daya Saing Mahasiswa Vokasi
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbud Wikan Sakarinto. Foto/Dok/Humas Kemendikbud
JAKARTA - Guna mengembangkan potensi dan kompetensi mahasiswa vokasi agar mampu berdaya saing global, Kemendikbud melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) mengeluarkan 5 formula program unggulan di bidang vokasi.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto menyampaikan harapannya agar lima program ini dapat menghasilkan mahasiswa vokasi yang kompeten dan siap menjadi pemimpin-pemimpin masa depan yang kreatif.

Baca juga: Adik Bungsu Menko Polhukam Mahfud MD Maju Pemilihan Rektor Unitomo Surabaya

“Tahun ini kami merancang, mengemas program kemahasiswaan vokasi, yang tujuannya agar mahasiswa vokasi bisa terasah kompetensinya sehingga benar-benar mampu bersaing secara global,” ujar Wikan melalui siaran pers, Kamis (15/4)

Untuk mempersiapkan mahasiswa tersebut, lanjut Wikan, dibutuhkan kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak, baik perguruan tinggi vokasi, mahasiswa terkait, serta Kemendikbud, yang menjadi payung dari keberlangsungan pembelajaran mahasiswa vokasi.



Oleh karena itu, peningkatan kapasitas potensi dan kompetensi mahasiswa vokasi didukung oleh sejumlah formula program yang diluncurkan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi.

Baca juga: Tim Spektronics ITS Pertahankan Juara Chem-E-Car Internasional

Wikan mengatakan, bantuan yang diberikan terbagi ke dalam 5 program unggulan dengan fokus bidang yang berbeda namun memiliki irisan tujuan yang sama, yakni upaya mendukung peningkatan potensi dan kompetensi mahasiswa vokasi agar dapat terserap di dunia industri, dunia usaha dan dunia kerja.

Bahkan, pada salah satu program yakni Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi (PWMV), mahasiswa vokasi akan difasilitasi mengenai pemodalan untuk mengembangkan usaha sesuai dengan bidang kompetensinya.

5 program unggulan tersebut antara lain program sertifikasi kompetensi dan profesi mahasiswa vokasi, program fasilitasi magang mahasiswa vokasi, program wirausaha mahasiswa vokasi (PWMV), program kreativitas mahasiswa vokasi (PKM), dan program pemberdayaan masyarakat desa (P2MD).



Melalui peluncuran program-program unggulan ini, diharapkan tercapainya tujuan bersama agar mahasiswa vokasi benar-benar terasah kompetensinya sehingga benar-benar mampu bersaing secara global bahkan diharapkan juga mahasiswa vokasi dapat membuat sebuah terobosan baru di tengah era industri 4.0.

Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Beny Bandanadjaja, mengatakan 5 program unggulan dalam bidang kemahasiswaan ini bentuk program konkret di luar kegiatan perkuliahan.

“Secara kurikulum, masing-masing program ini tidak masuk ke dalam program seperti kuliah, masuknya ke dalam ekstrakurikuler. Dengan lima program ini akan mendorong meningkatkan softskill, kepemimpinan dan kreativitas,” pungkasnya.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!