Ornamen Header
Besok Hari Terakhir UTBK SBMPTN Gelombang 1
Besok Hari Terakhir UTBK SBMPTN Gelombang 1
Calon mahasiswa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN). Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Gelombang 1 Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) 2021 akan berakhir besok, Minggu (18/4).

Seperti diketahui, UTBK SBMPTN terbagi dua gelombang. Gelombang 1 ujian tulis sebagai seleksi masuk PTN di Indonesia ini mulai dilakukan pada 12 April 2021 sampai dengan 18 April 2021.

Baca juga: Jalur Mandiri UTM-BK IPB University Telah Dibuka, Cek Jadwalnya

Ada jeda antara pelaksanaan UTBK setelah Gelombang 1 usai dilakukan di 74 Pusat UTBK. Masih di bulan puasa, Gelombang 2 UTBK akan dilanjutkan pada tanggal 26 April 2021 sampai 2 Mei 2021 mendatang.

Lalu setelah para pejuang SBMPTN ini berjuang menjawab soal untuk mencapai kampus idamannya, kapan pengumuman hasil SBMPTN yang ditunggu-tunggu itu? LTMPT mengagendakan bahwa pengumuman akan dilakukan serentak pada 14 Juni 2021.



SBMPTN merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru dengan kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40% dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan.

Baca juga: UNDIP Buka Jalur Mandiri untuk 5.089 Mahasiswa, Cek Jadwalnya

UTBK SBMPTN 2021 dilaksanakan di 74 Pusat UTBK yang terdiri dari berbagai universitas negeri di Indonesia.

Ada 2 materi yang diujikan dalam UTBK 2021. Yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Bagi peserta yang memilih prodi sainstek maka mengikuti TPS dan TKA Sainstek.

Bagi peserta yang memilih prodi soshum maka mengikuti TPS dan TKA Soshum. Bagi peserta yang memilih prodi campuran (sainstek dan soshum) maka mengikuti TPS, TKA Sainstek dan TKA Soshum.



Ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan dan dibawa pada saat pelaksanaan ujian. Seperti hasil non reaktif dari salah satu hasil pemeriksaan swab/pcr ataupun Genose di beberapa Pusat UTBK.

Baca juga: UIN Jakarta Berikan Beasiswa ke Mahasiswa Terdampak Covid-19

Selain itu dokumen lain yang perlu dibawa pada saat ujian adalah:
A. Kartu Tanda Peserta UTBK SBMPTN 2021
B. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi bagi lulusan 2019 dan 2020, atau
C. Surat Keterangan Kelas 12 yang ditandatangani oleh kepala sekolah. Serta berisi nama siswa, NISN siswa, NPSN sekolah dan pasfoto berwarna siswa terbaru (ukuran bebas) bagi angkatan 2021.
D. Identitas diri lain seperti KTP/SIM/Kartu Pelajar.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!