Bertaraf Internasional, Kompetisi Gebyar Ramadhan Uhamka Diikuti 900 Peserta

Minggu, 18 April 2021 - 15:22 WIB
loading...
Bertaraf Internasional, Kompetisi Gebyar Ramadhan Uhamka Diikuti 900 Peserta
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA atau Uhamka kembali menggelar Gebyar Ramadhan dengan 13 bidang perlombaan. Foto/Dok/Humas Uhamka
A A A
JAKARTA - Demi meningkatkan religiusitas di Bulan Ramadhan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) kembali menggelar Gebyar Ramadhan dengan 13 bidang perlombaan. Perlombaan tersebut di antaranya Hifdzil Qur’an, Adzan, Ceramah, Risalah Buya HAMKA, Mendongeng, Marawis, Meme Kreatif, Video Dokumenter, Tartil Qur’an, Karya Tulis Ilmiah, Nasyid, MTQ, Lagu dan Islami Solo.

Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang biasa dilakukan Uhamka di setiap Bulan Ramadhan. Akan tetapi, di masa Pandemi Covid-19 ini terlihat berbeda pasalnya kegiatan ini terlaksana secara daring dan pesertanya dari tingkat Sekolah hingga universitas baik dari dalam maupun Luar Negeri, di antaranya Malaysia.



Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPP AIK) Uhamka, Dwi Fajri mengungkapkan, lembaganya akan menggelar Gebyar Ramadhan yang dimeriahkan dengan 13 mata lomba. Kegiatan ini diikuti oleh lebih kurang 900 peserta, baik dari dalam maupun luar negeri.

“Alhamdulillah, Uhamka sebagai lembaga Dakwah di bidang pendidikan melalui LPP AIK Uhamka ini bisa menyelenggarakan kembali Gebyar Ramadhan. Semoga saja dengan kegiatan ini, menjadikan gerakan dakwah Muhammadiyah melalui kampus Uhamka dalam kegiatan Gebyar Ramadhan,” kata Dwi Fajri dalam keterangan pers yang diterima SINDOnews, Minggu (18/4/2021).
Bertaraf Internasional, Kompetisi Gebyar Ramadhan Uhamka Diikuti 900 Peserta

Menurut Dwi Fajri, perlombaan Gebyar Ramadhan yang digelar Uhamka secara tidak langsung sudah masuk kategori perlombaan Internasional. Sebab, beberapa peserta berasal dari luar negeri. "Kegiatan ini masuk kategori perlombaan Internasional karena pesertanya ada yang berasal dari luar negeri, yakni Malaysia," jelasnya.



Sementara, salah satu peserta perlombaan yang berasal dari Universiti Sains Islam Malaysia, Marwan Rosli menuturkan, maksud dan tujuannya mengikuti perlombaan di Uhamka adalah untuk silaturahmi antara Malaysia dan Indonesia. Selain itu, pihaknya juga ingin mengenal kampus Uhamka secara dekat.

"Bismillah. Ana, tertarik untuk join program Gebyar ini untuk menyerekan (menyebarkan) silaturahin antara Malaysia dengan Indonesia dan ingin mengenali pihak Universitas Uhamka macam mana (bagaimana) dan teringin untuk belajar di sana,” ujar Marwan Rosli dalam pembukaan Gebyar Ramadhan.

Rektor Uhamka Gunawan Suryoputro menyambut baik terselenggaranya Gebyar Ramadhan tahun ini. Menurutnya, hal ini sesuai dengan visi misi Uhamka sebagai Perguruan Tinggi milik Muhammadiyah untuk terus berdakwah melalui pendidikan.

"Kegiatan Gebyar Ramadhan ini merupakan bagian dari kontribusi nyata bagi kemajuan budaya yang tak terpisahkan dari visi Uhamka pada tahun 2024, yaitu menjadi Propethic Teaching University yang mencerdaskan secara Spiritual, Intelektual, Emosional dan Sosial. Jadi, Uhamka memiliki visi yang mulia yaitu Universitas yang mengembangkan pembelajaran berbasis profetik," tuturnya.

Guanwan menambahkan, kegiatan Gebyar Ramadhan ini merupakan upaya menyemarakkan Ramadhan, juga merupakan penegasan tentang harmoni Islam dan kebudayaan di Indonesia. Di mana, Islam memberikan ruang cipta rasa dan karsa.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4271 seconds (0.1#10.140)