UAD PTS Pertama Buka Prodi Baru Magister Teknik Kimia

Rabu, 21 April 2021 - 21:18 WIB
loading...
UAD PTS Pertama Buka Prodi Baru Magister Teknik Kimia
Ketua LLDikti DIY Prof. Didi Achjadi menyerahkan SK Prodi Magister Teknik Kimia kepada rektor UAD Muchlas di kampus utama UAD, Rabu (21/4). Foto/SINDONews/Priyo Setyawan
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta tahun akademik 2021/2022 membuka Program Studi (prodi) Magister Teknik Kimia. Kepastian ini setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan surat keputusan (SK) tentang prodi tersebut.

SK itu diserahkan oleh Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) DIY Prof. Didi Achjari kepada Rektor UAD, Muchlas di kampus utama UAD, Rabu (21/4/2021).



Ini juga menjadikan UAD menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) pertama yang membuka prodi magister teknik kimia. Sebab, selama ini dari 17 perguruang tinggi di Indonesia yang membuka program magister teknik kimia, semua perguruan tinggi negeri (PTN).

Prodi Magister Teknik Kimia ini masuk ke dalam Fakultas Teknologi Industri (FTI). Adanya tambahan prodi ini hingga sekarang UAD memiliki tujuh prodi magister

Rektor UAD Muchlas mengatakan, pembukaan Prodi Magister Teknik Kimia ini merupakan keprihatinan UAD. Sebab, selama ini industri di Indonesia masih kurang memperhatikan aspek lingkungan, renewable energy, teknologi pengolahan pangan dan obat-obatan serta belum memiliki dukungan sisi akademik. Karena itu, perlu dihasilkan orang-orang yang berkompeten di bidang tersebut.“Dari situ, kita mendirikan Prodi Magister Teknik Kimia ini," kata Muchlas.



Selain itu, UAD juga ingin terpacu untuk memberikan solusi secara nasional tentang renewable engery karena sekarang sudah tidak bisa mengandalkan minyak. Termasuk berpartisipasi menyelenggarakan produksi makanan dan obat-obatan yang menyehatkan

Menurut Muchlas, untuk sarana dan prasarana program S2 Teknik Kimia ini UAD sudah siap, baik sumber daya manusia (SDM) maupun laboratorium. Untuk SDM dosen sudah memilik 11 doktor prodi SI teknik kimia yang memiliki keahlian atau kompetensi sangat kompartable dengan kekhasan Prodi S2 Teknik Kimia.

Sedang laboratoriumnya, sudah tersedia dan bersama-sama dengan laboratorium Teknik Kimia yang sudah ada. “Untuk kuota mahasiswa, UAD bisa menyelenggarakan tiga kelas,” paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)