Ini 5 Jurusan Kuliah Unik yang ada di Politeknik

Jum'at, 07 Mei 2021 - 13:57 WIB
loading...
Ini 5 Jurusan Kuliah Unik yang ada di Politeknik
Mahasiswa vokasi. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Politeknik merupakan perguruan tinggi vokasi yang memiliki jurusan khusus sehingga lulusannya memiliki keahlian tertentu. Berikut ini adalah lima jurusan kuliah unik yang dimiliki di politeknik yang ada di Indonesia.

Dikutip dari instagram resmi Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi di @diktivokasi, Jumat (7/5) untuk memilih jurusan kuliah terkadang sulit dilakukan. Hal ini karena banyak yang harus dipertimbangkan.



Namun salah satu kunci untuk sukses memilih jurusan adalah pastikan memilih jurusan yang sesuai dengan passion agar semangat belajar tetap menyala selama studi.

Indonesia memiliki banyak perguruan tinggi namun ternyata di beberapa politeknik negeri di Indonesia ada beberapa jurusan yang anti mainstream.

Simak apa saja 5 jurusan tersebut yang mungkin sesuai dengan passion kalian.

1. Teknologi Game
Program studi teknologi game mempelajari tentang bagaimana sebuah game itu dibuat hingga bisa dimainkan oleh orang banyak. Mulai dari merancang berita, sistem pelevelan, model karakter, membuat animasi dan storyboard.
Selain itu juga untuk merancang user interface, melakukan tugas-tugas programing hingga proses produksi game tersebut dan distribusinya.
Prodi teknologi game berada di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Lulusan program studi ini memiliki prospek yang menjanjikan, mereka dapat bekerja di developer-developer game. Baik bergabung di tim game design, game art, ataupun game programing. Selain berkecimpung di industri game, lulusan program studi ini juga dapat menjadi tenaga ahli di bidang teknologi game.



2. Teknologi Rekayasa Utilitas
Program studi teknologi rekayasa utilitas mekanikal elektrikal plumbing (prodi tru-mep) adalah program sarjana terapan multi disiplin dibawah manajemen jurusan teknik mesin (JTM) di Politeknik Negeri Bali (PNB).
Lulusannya bisa bekerja di berbagai sektor. Diantaranya industri retail, supermarket, perhotelan dan kapal pesiar, rumah sakit, perbankan, perkantoran dan bangunan gedung pemerintahan.
Selain itu juga prospek kerja di perusahaan konsultan, industri pengolahan pangan, perikanan, manufaktur farmasi, kimia, petrokimia, pertambangan dan tekstil.

3. Logistik Perdagangan Internasional
Logistik perdagangan internasional terhitung sebagai jurusan baru yang berada di Politeknik Batam. Lulusan program ini memiliki kapasitas sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).
Lulusannya juga memiliki kemampuan spesifik dalam bidang supply chain, procurement, warehouse management, project management dan menjadi enterpreneur yang andal.
Jurusan ini juga menyediakan fasilitas yang menunjang mahasiswa. Salah satu hal yang diajarkan di jurusan ini diantaranya merencanakan keuangan, anggaran dan pembayaran logistik perdagangan internasional.

4. Rekayasa Keamanan Siber
Rekayasa keamanan siber menjadi salah satu prodi unik pada Politeknik Batam. Visi dari jurusan ini ialah menjadi program studi yang unggul dan berdaya saing dalam bidang keamanan siber di kawasan Asia Tenggara.
Tidak hanya didukung fasilitas yang menunjang, nantinya mahasiswa juga didik untuk mampu menerapkan konsep matematika terapan dan dasar rekayasa dalam pelaksanaan keamanan siber dengan mengacu pada standar internasional.

5. Produksi Tanaman Hortikultura
Jurusan yang ada di Politeknik Negeri Jember ini menawarkan perkuliahan selama 3 tahun atau 6 tahun semester dibidang agribisnis.
Mahasiswa akan dididik perihal cara pembibitan yang baik, budidaya, penanganan pasca panen dan pemasaran tanaman hortikultura untuk tanaman hias, buah-buahan dan sayur-sayuran.
Jurusan ini juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung mahasiswa diantaranya laboratorium tanaman, laboratorium tanah, laboratorium tata air dan laboratorium perlindungan tanaman.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0768 seconds (0.1#10.140)