Ornamen Header
17 PTN Wilayah Barat Buka Pendaftaran SMMPTN 2021, Ini Syarat dan Cara Daftarnya
17 PTN Wilayah Barat Buka Pendaftaran SMMPTN 2021, Ini Syarat dan Cara Daftarnya
Ketua ujian SMMPTN 2021 Wilayah Barat Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng. (Rektor Unsyiah). Inews TV/Ismail Yugo
BENGKULU - Panitia Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat 2021 memaparkan syarat dan mekanisme pendaftaran bagi calon mahasiswa baru.

Peluncuran pendaftaran jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan bersama antar PTN yang tergabung dalam Badan Kerja Sama (BKS) PTN Indonesia Wilayah Barat ini digelar virtual, sekira pukul 16.00 WIB, pada Senin (17/5/2021).

Baca juga: Ini 2 Fakultas Undip yang Raih Posisi 2 Besar Terbaik versi Scimago

Seleksi ini dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilakukan bersama di bawah koordinasi panitia SMMPTN Barat.



Kegiatan ini dipusatkan di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh dengan diikuti seluruh Rektor Perguruan Tinggi Negeri peserta SMMPTN-Barat dan publik melalui daring dengan link zoom dan youtube.

Kegiatan SMMPTN-Barat kali ini diikuti oleh 17 Perguruan Tinggi Negeri. Ke-17 PTN ini tergabung di bawah Badan Kerja Sama (BKS) PTN Indonesia Wilayah Barat.

Baca juga: Jangan Terlewat, Pendaftaran Beasiswa PMDSU Dimulai Hari Ini

"Tahun ini ada penambahan satu perguruan tinggi dalam SMMPTN-Barat. Diupayakan semakin banyak kampus terkemuka di Indonesia bagian barat yang tergabung di SMMPTN-Barat pada tahun-tahun mendatang," kata ketua Panitia SMMPTN-
Barat, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, Senin (17/5/2021).

Launching ini diikuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa UNTIRTA, Serang; Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh; Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Lampung; Universitas Bengkulu (Unib), Bengkulu; Universitas Riau (Unri), Pekanbaru; Universitas Jambi (Unja), Jambi; Universitas Lampung (Unila), Bandar Lampung; Institut Seni Indonesia (ISI), Padang Panjang; Universitas Palangka Raya (UPR), Palangkaraya; dan Universitas Malikussaleh (Unimal), Lhokseumawe.

Kampus lainnya, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Tanjungpinang; Universitas Bangka Belitung (UBB), Pangkalpinang; Universitas Teuku Umar (UTU), Meulaboh; Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI), Aceh; Universitas Siliwangi (Unsil), Tasikmalaya; Universitas Samudra (Unsam), Langsa; dan Universitas Islam Negeri (UIN), Jakarta.



Baca juga: Begini Cara Daftar Beasiswa Prestasi Talenta S1 Kemendikbudristek

Adapun prodi yang ikut serta dalam SMMPTN-Barat ini adalah 338 Prodi Saintek dan 237 Prodi Soshum. Kuota yang diterima dalam proses pendaftaran mandiri ini ialah 7.601 untuk Prodi Saintek dan 6.889 untuk Prodi Soshum.

Ketua BKS PTN Wilayah Barat, Prof. Dr. Ir. Fatah Sulaiman, M.T, mengatakan, jumlah uang pendaftaran yang dikeluarkan oleh setiap pendaftar sebesar Rp350 ribu dan berlaku seragam untuk seluruh PTN. Uang pendaftaran itu bersifat mutlak dan akan hangus meskipun calon mahasiswa tidak melanjutkan hingga taraf seleksi. Uang pendaftaran itu dibayar melalui bank mitra yang telah ditetapkan.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!