Kemenag akan Luncurkan Webseries dan Podcast Karya Riset 'Wajah Kultural Islam'

Selasa, 25 Mei 2021 - 09:09 WIB
loading...
Kemenag akan Luncurkan Webseries dan Podcast Karya Riset Wajah Kultural Islam
Puslitbang Kemenag melaunching Pra-produksi Video Serial dan Podcast bertema Islam dalam Bingkai Budaya Lokal. Foto/Puslitbang Kemenag
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Pusat Litbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat akan melaunching Pra-produksi Video Serial dan Podcast Karya Riset Puslitbang Lecture bertema 'Islam dalam Bingkai Budaya Lokal'.

Kepala Pusat Litbang Kemenag RI, Prof. Dr. M Arskal Salim GP, M.Ag mengatakan series ini dibuat untuk menampilkan Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia dengan wajah Islam yang moderat dan harmoni. Serta untuk menghalau paham radikal yang mudah terjangkau di media sosial.



"Semua konten video series dan podcast ini adalah hasil karya riset Puslitbang Lecture dalam beberapa tahun terakhir. Melalui video series ini akan ditunjukkan wajah kultural Islam Indonesia yang moderat, terbuka, dan toleran serta menghargai perbedaan; wajah Islam yang mengakar kuat dalam tradisi lokal,” kata Prof. Arsal dalam keterangan pers, Selasa (25/5/2021).

Dia berharap, melalui kekuatan visual bisa memberikan perspektif tentang wajah masa depan Indonesia, dengan ekspresi keislaman mampu mewarnai ruang publik penuh keceriaan: saling memahami dan menghargai; Islam menjadi bagian dari bangsa dalam pelbagai bentuk ekspresi budaya.
Kemenag akan Luncurkan Webseries dan Podcast Karya Riset 'Wajah Kultural Islam'

“Ruang publik menjadi kaya dengan pelbagai ekspresi religi yang menyatu dengan budaya lokal, termasuk seni angklung yang sudah menjadi bagian dari kekayaan kultural kita,” tuturnya.



Melalui kekuatan cerita dalam video series itu, penonton akan diajak bertamasya: melihat bagaimana Islam berinteraksi selama lebih dari seribu tahun dengan penduduk nusantara dan menghasilkan sintesis sosial dan kultural yang khas dan kaya; pun bermakna. Pengambilan gambar webseries/video series ini sendiri akan digelar di Jl Kedondong, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa, (25/5/2021) mulai pukul 07.00 WIB.

Selain video series, Kemenag akan mengajak masyarakat untuk menikmati obrolan santai dan bermakna lewat podcast. Lewat podcast itu, para peneliti akan menceritakan pengalaman asyiknya selama menekuni dan meneliti living Islam in local contexts, cerita-cerita penuh emosional, dan human-interest; menggambarkan realitas keislaman yang menyatu dengan kenyataan budaya lokal.

Cerita podcast yang dipandu Dini Fitria, seorang penulis/novelis, jurnalis, dan mantan presenter program Jazirah Islam Trans7 itu dipastikan seru, asyik, dan keren. Perekaman podcast sendiri akan digelar Kamis, 27 Mei 2021, mulai pukul 10.00 WIB di Move On Multimedia Studio, Cipondoh, Tangerang.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)