UNS Jalin Kerja Sama Pendidikan dan Penelitian dengan Universitas di Jerman

Rabu, 23 Juni 2021 - 23:26 WIB
loading...
UNS Jalin Kerja Sama Pendidikan dan Penelitian dengan Universitas di Jerman
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Universitas Sebelas Maret (UNS) menyepakati kerja sama pendidikan dan penelitian dengan Neu-Ulm University of Applied Sciences (HNU) Jerman. Terdapat enam poin kesepakatan yang dituangkan dalam dokumen kerja sama.

Keenamnya yakni pertukaran informasi akademis, kunjungan tenaga pengajar dan peneliti, program pertukaran mahasiswa , kerja sama konferensi internasional, kerjasama penelitian, dan bentuk kerja sama lainnya yang dapat memperkuat hubungan antar kedua universitas.



Rektor Jamal berkomitmen mendukung penuh inisiatif kerja sama antara UNS dan Neu-Ulm University of Applied Sciences Jerman. “Demi terwujudnya kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak untuk memajukan pendidikan dan penelitian,” katanya melalui siaran pers, Rabu (23/6).

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Rektor UNS dengan Vice President for Internationalization and Transfer HNU Profesor Thomas Bayer secara daring pada Senin, 14 Juni 2021.

Senada dengan Jamal, Thomas mengakui pihaknya juga menyambut baik kerjasama ini. “Kami telah berkolaborasi dengan banyak perguruan tinggi di dunia, namun baru kali ini kami bekerja sama dengan universitas asal Indonesia. Semoga kerjasama ini berjalan baik,” harapnya.



Head of International Office HNU Verena Seits, menyatakan dirinya pun senang dengan terjalinnya kerja sama antara UNS dan HNU. Ia juga secara khusus menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Atdikbud KBRI di Berlin Ardi Marwan, yang telah menghubungkan kedua universitas dan memfasilitasi dilaksanakannya pertemuan daring.

Pada kesempatan ini, Atdikbud Ardi memberikan selamat kepada pihak UNS dan HNU yang telah membuka kerja sama pendidikan dan penelitian. Menurutnya, kerja sama ini merupakan salah satu wujud nyata Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang dicanangkan Kemendikbudristek.

“Harapannya, kesepakatan ini akan memperbesar jumlah akademisi dan mahasiswa dari Indonesia yang berkolaborasi dengan dengan akademisi dan mahasiswa dari Jerman,” ujar Atdikbud Ardi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)