Tahun Ajaran Baru Segera Dimulai, Kemendikbudristek Harus Siapkan Ini

Kamis, 24 Juni 2021 - 13:16 WIB
loading...
Tahun Ajaran Baru Segera Dimulai, Kemendikbudristek Harus Siapkan Ini
Siswa baru akan mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah/ Masa Orientasi Sekolah (MPLS/ MOS). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kepala Bidang Advokasi Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Iman Zanatul Haeri mengingatkan sekolah akan menghadapi awal semester baru di tahun ajaran baru 2021/2022 pada Juli nanti.

Siswa baru akan mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah / Masa Orientasi Sekolah (MPLS/ MOS), maka tentunya diperlukan pedoman pelaksanaan MPLS masa pandemi di tengah makin menyebarnya varian baru Covid-19 yang banyak menyasar usia anak.



“Oleh sebab itu, kami mendesak agar Kemendikbudristek segera menyiapkan pedoman MPLS/MOS di masa pandemik bagi sekolah. Sebab para siswa baru akan segera masuk, sekitar 2 minggu ke depan,” katanya melalui keterangan tertulis, Kamis (24/6).

Iman menjelaskan, pedoman Pelaksanaan MPLS/MOS di Masa Pandemi ini penting segara dibuat, agar sekolah dapat menyiapkan konten MPLS/MOS yang bermakna, aman, tetap kreatif, dan menggembirakan bagi siswa baru. Menurutnya, skema MPLS/MOS mesti diselenggarakan secara daring.

Selain itu, P2G mengingatkan juga jangan sampai ada sekolah yang memaksakan siswanya masuk mengikuti MPLS/MOS nanti. Meskipun hanya 3 hari dan jumlah anaknya dibatasi. Jika dilakukan tentu sangat berisiko bagi nyawa dan kesehatan siswa, guru, dan keluarganya.



Iman menambahkan, kondisi pandemi Covid-19 yang semakin parah membuat Pembelajaran Tatap Muka (PTM) akan semakin sulit dilaksanakan.

“Kami meminta Mas Menteri Nadiem menunda pembukaan sekolah dan PTM yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan Juli 2021. Kami juga meminta pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), agar dapat menahan laju sebaran Covid-19,” ujar guru Sejarah ini.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2652 seconds (0.1#10.140)