Ini 5 Keutamaan Pengenalan Profesi pada Anak

Kamis, 08 Juli 2021 - 13:23 WIB
loading...
Ini 5 Keutamaan Pengenalan Profesi pada Anak
Seorang siswa SD Al Azhar, Depok, Yusuf Arkananta P dan adiknya yang masih PAUD, Azzahra Putri Ramadhani, bercita-cita ingin jadi Pilot dan Dokter. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Seringkali anak ketika ditanya jika sudah besar ingin menjadi apa lalu dia akan menyebutkan satu profesi yang ingin dijalaninya kelak dewasa nanti. Namun dengan perkembangan teknologi maka akan muncul beragam profesi baru yang bisa menjadi cita-citanya kelak.

Dikutip dari instagram resmi Direktorat Paud Kemendikbudristek di @paudpedia, Rabu (7/7), pengenalan akan beragam profesi akan menjadikan anak mempunyai banyak pilihan mimpi atau cita-cita.



Yang menginspirasi biasanya adalah orang yang jadi panutan atau role model, bisa tokoh yang nyata (Aku ingin jadi kayak Ayah) dan bisa tokoh imajinatif (Aku ingin jadi princess).

"#SobatPAUD pastikan ya role model anak kita adalah mereka yang punya sifat dan perilaku positif," tulis Paud Kemendikbudristek di IGnya.

Cita-cita anak bisa berubah sesuai dengan perkembangan usia dan semakin banyaknya profesi yang diketahuinya. Oleh karena, itu kita perlu mengenalkan berbagai profesi pada mereka.



Ada banyak keutamaan yang didapatkan anak dengan mengenal profesi tersebut. Simak apa saja keutamaan tersebut melalui penjelasan dibawah ini:

1. Menambah wawasan dan memberi inspirasi pada anak.
Ana mengetahui bahwa jenis-jenis profesi itu bukan hanya dokter, pilot, polisi atau guru. Penjual sayur, penulis, wartawan ataupun reporter tv, desainer, chef, sopr, nelayan, atlet, ahli komputer itu juga merupakan profesi atau pekerjaan yang dapat dilakukan.

2. Mengembangkan berbagai nilai karakter.
Mengenal banyak profesi akan mengembangkan banyak sikap dan perilaku baik pada anak. Seperti sikap terbuka, percaya diri, optimis, pantang menyerah dan sikap rela berjuang untuk mencapai cita-cita. Selain itu anak dapat menghargai setiap profesi yang ada tanpa memandang perbedaan.

3. Menambah pengetahuan anak.
Contoh, petani mengolah tanah untuk menghasilkan pangan, polisi menjaga keamanan, dan dokter dan perawat yang menyembuhkan orang sakit. Semakin banyak profesi dikenalkan ke anak, semakin bertambah pengetahuannya tentang tugas dan kegiatan beragam profesi.

4. Menanamkan pola hidup bersih dan sehat.
Agar badan sehat dan kuat, kita perlu makan makanan yang sehat, olahraga dan istirahat yang cukup. Sobatpaud bisa menjadikan ini untuk memotivasi anak jika dia tidak suka makan sayur, buah atau ikan.

5. Mengembangkan kemampuan berbahasa
Ketika kita mengenalkan berbagai profesi kepada anak-anak, kita juga mengembangkan kemampuan berbahasa mereka dengan menambah kosakata, melatih anak menyimak ketika kita menjelaskan, melatih kemampuan bertanya dan menceritakan kembali.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)