Mahasiswa FTUI Raih Juara 1 World Bank Group Youth Summit 2021

Senin, 12 Juli 2021 - 16:34 WIB
loading...
Mahasiswa FTUI Raih Juara 1 World Bank Group Youth Summit 2021
Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) Almira Lavina Sambowo berhasil meraih Juara Pertama pada World Bank Group Youth Summit 2021. Foto/DOk/Humas UI
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTI FTUI) Almira Lavina Sambowo yang merupakan bagian dari delegasi wilayah Asia Timur dan Pasifik berhasil meraih Juara Pertama pada World Bank Group Youth Summit 2021.

Almira merupakan satu dari dua mahasiswa asal Indonesia yang berhasil melaju sampai ke babak final dan meraih gelar juara. Rangkaian acara World Bank Group Youth Summit 2021 diselenggarakan oleh Delloite dan International Finance Corporation (IFC).



Sebanyak 5.000 orang mendaftar dari 50 negara di seluruh dunia dan hanya 250 peserta yang akhirnya terpilih untuk dapat mengikuti kegiatan ini dan berkompetisi pada case challange. Dari 250 peserta terpilih, kemudian dibagi menjadi delegasi/tim berdasar asal negara dan regional daerah, yaitu Asia Pasifik Timur, Eropa dan Asia Tengah, Amerika Latin dan Kepulauan Karibia, Timur Tengah dan Amerika Utara, Asia Timur, dan Sub-Sahara Afrika.

Setiap tim terdiri dari 6-8 orang yang berasal dari negara berbeda dan latar belakang pekerjaan serta pendidikan yang berbeda. Almira bergabung dengan tim delegasi untuk wilayah Asia Timur dan Pasifik, bersama tiga peserta dari Indonesia, satu orang dari Cina, Fiji, Korea Selatan, Filipina, dan Jepang.

Dari delapan orang anggota tim, yang berstatus mahasiswa hanya Almira (Indonesia-UI), Pandhu Dirga Pratama (Indonesia-ITS), dan Angela Zhong (Korea Selatan-Harvard), sedangkan lima anggota tim lainnya berasal dari kalangan profesional.



Topik studi kasus yang dapat dipilih antara lain adalah Covid Vaccination Campaign, Digital Inclusion in Lower-Middle Country with Limited Infrastructure, dan Assessment of Environmental and Social Report of One of the Leading Coffee Company in the World. Panelis juri World Bank Group Youth Summit 2021 terdiri dari Managing Director dari World Bank dan IFC.

“Kepada tim, diberikan waktu 1 hari dengan 4 breakout session untuk berdiskusi. Di akhir acara, setiap tim diberi waktu 10 menit untuk presentasi dan tanya-jawab. Awalnya, sedikit canggung karena kami baru bertemu secara virtual dengan rekan satu tim, tetapi seiring waktu kami dapat saling melengkapi dalam menghasilkan solusi atas kasus yang dihadapi,” ujarnya.

Kasus yang dipilih oleh timnya adalah sustainability sebuah perusahaan kopi terkemuka di dunia. Fokus mereka adalah bagaimana perusahaan ini mampu melakukan sustainability practices bukan hanya untuk bisnisnya, tetapi juga untuk lingkungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3398 seconds (0.1#10.140)