Boleh Dicoba, Ini Cara Mudah Mengatur Jadwal Belajar Efektif di Semester Baru

Rabu, 11 Agustus 2021 - 12:55 WIB
loading...
Boleh Dicoba, Ini Cara Mudah Mengatur Jadwal Belajar Efektif di Semester Baru
Seorang siswa Sekolah Dasar (SD) Islam Al Azhar GDC Depok tengah belajar matematika secara daring. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagaimana sih cara mengatur jadwal belajar yang efektif? Sudah mencoba berbagai cara, tapi masih kurang dan sering malas-malasan saat belajar? Padahal, saat ini banyak situs belajar online gratis yang bisa kamu coba untuk meningkatkan prestasi belajarmu lho. Tapi, kalau sudah malas melanda, apa mau dikata, dibimbing oleh tutor profesional pun, hasilnya pasti kurang maksimal.

Nggak bisa dipungkiri deh, kalau masalah mood belajar yang naik turun ini memang tak terhindarkan di kalangan pelajar. Apalagi, saat ini, kamu sedang mengikuti proses belajar online di rumah. Kondisi rumah yang tak kondusif, seringkali menjadi masalah utama yang dapat menghancurkan jadwal belajarmu kan? Kalau sudah begini, bagaimana solusinya?

Baca juga: Lepas 970 Mahasiswa Indonesia ke 59 Universitas Top Dunia, Ini Pesan Mendikbudristek

Cara Agar Lebih Giat Belajar di Tahun Ajaran Baru
Siapa di antara kamu yang ingin memiliki nilai rapor bagus di semester baru ini? Adakah yang sedang mempersiapkan diri menghadapi UTBK agar lolos ke PTN impian? Jika iya, maka satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah lebih giat belajar di semester baru ini. Nah, agar kamu lebih giat belajar, kamu bisa menerapkan cara-cara berikut ini:

Menentukan Waktu Belajar
Poin pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat jadwal belajar yang efektif adalah menentukan waktu belajar. Sekilas memang terdengar sederhana, namun saat dipraktekkan, menentukan waktu belajar tidak semudah yang dibayangkan.

Agar lebih mudah, kamu bisa memilah aktivitas yang kamu lakukan dalam satu hari. Pilihlah waktu senggang yang tenang agar kamu lebih fokus ketika belajar. Setelah itu, tetapkanlah waktu tersebut sebagai jadwal harian untuk belajar. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi belajar online yang menyediakan fitur jadwal belajar, untuk mengatur waktu belajarmu.

Baca juga: Mahasiswa Indonesia Rebut 15 Medali dari International Mathematic Competition

Membuat Jadwal Mengerjakan Tugas
Sebagian dari kamu mungkin sering mengerjakan tugas pada waktu belajar kan. Mulai dari sekarang, usahakan untuk memisahkan waktu mengerjakan tugas dengan waktu belajar ya. Kenapa begitu? Karena jadwal belajar rutin yang kamu tetapkan, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran yang ingin dikuasai, bukan untuk menyelesaikan tugas sekolah.

Jadi, agar lebih fokus, pisahkanlah waktu untuk mengerjakan tugas sekolah dengan jadwal belajar harian. Misalnya, kamu menetapkan jadwal belajar harian pada sore hari, kamu bisa mengerjakan tugas pada malam harinya.

Merancang To Do List
Sudah tahu kan apa itu To Do List? Ya, betul sekali, to do list adalah cara untuk menentukan prioritas kegiatan. Kamu bisa memanfaatkan to do list untuk mencantumkan jadwal dan daftar materi pelajaran yang ingin kamu kuasai. Kamu juga bisa membuat prioritas tugas yang harus dikerjakan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1927 seconds (11.97#12.26)