Mahasiswa Telkom University Ciptakan Alat Pengupas Kentang Secara Efisien

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 23:07 WIB
loading...
Mahasiswa Telkom University Ciptakan Alat Pengupas Kentang Secara Efisien
Tim mahasiswa Fakultas Rekayasa Industri Telkom University (FRI Tel-U) berhasil membuat alat pengupas kentang yang inovatif, higienis dan efisien. Foto/Dok/Humas Tel-U
A A A
JAKARTA - Tim mahasiswa peserta Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Rekayasa Industri Telkom University (FRI Tel-U) berhasil membuat alat pengupas kentang yang inovatif. Melalui alat ini proses pengupasan kentang akan lebih higienis dan efisien.

Dalam percobaan yang dilakukan oleh tim PKM bersama warga di Desa Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat, di mana dalam percobaan tersebut dilakukan proses pengupasan kentang secara manual, dan dibandingkan dengan mesin.



“Dari percobaan tersebut kami mendapatkan durasi pengupasan 3kg kentang menggunakan mesin memakan waktu 1 menit, sedangkan 3 kg kentang yang dikerjakan oleh 3 orang, total rata-rata waktu yang didapat adalah 9 menit,” Ujar Dosen Pendamping Mahasiswa PKM FRI, Rosad Ma'ali Elhadi dalam keterangan pers, Sabtu (14/8/2021).

Rosad menjelaskan ide awal dibuatnya alat ini didasari dari banyaknya pengrajin keripik kentang, rumah makan, catering yang harus membutuhkan waktu dalam pengolahan kentang, khususnya proses pengupasan.

“Tujuannya sederhana, kami ingin membantu UMKM yang memiliki usaha berbahan baku kentang, dimana melalui alat ini proses pengolahan kentang akan lebih efisien secara waktu, hemat biaya, lebih higienis dan kapasitas pengolahan yang besar, di mana alat ini maksimal dapat mengolah 5kg kentang sekaligus.” Jelasnya.



Hasil karya anak bangsa ini akan diikutsertakan pada acara PKM 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dan dipersiapkan dalam program Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) Tahun 2021.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2257 seconds (0.1#10.140)