Ini Cerita Mahasiswa ITB yang Asah Kemampuan di Kompetisi Fisika

Rabu, 15 September 2021 - 18:31 WIB
loading...
Ini Cerita Mahasiswa ITB yang Asah Kemampuan di Kompetisi Fisika
Mahasiswa ITB Arkananta tengah mengikuti Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan (KNMIPA) 2021. Foto/Dok/Humas ITB
A A A
JAKARTA - Pernah menyukai bidang biologi tidak menutup kemungkinan Arkananta, Mahasiswa ITB ini menggeluti dan memiliki minat pada bidang fisika. Setelah beberapa kali mengikuti olimpiade serta kompetisi bidang Fisika, Arkananta kembali meraih medali perak. Kali ini Arkananta tengah mengikuti Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan (KNMIPA) 2021.

KNMIPA merupakan ajang kompetinsi sains nasional untuk jenjang perguruan tinggi di Indonesia. Terbagi dalam beberapa bidang seperti Biologi, Kimia, Matematika, dan Fisika—yang dimenangi oleh Arkananta. Seleksi dilakukan secara bertahap melalui daring. Pastinya Arkananta berhasil melalui tahap tersebut hingga akhirnya meraih medali perak.



Kendati telah berulang kali memperoleh gelar juara, bukan berarti Arkananta tidak pernah gagal dalam berkompetisi. Hanya saja, hal tersebut tidak pernah memutus semangatnya. Ia begitu tertarik dengan bidang fisika hingga membuatnya bercita-cita menjadi peneliti di bidang fisika.

“Pengalaman mengikuti olimpiade fisika membuat saya tertarik untuk masuk Prodi Fisika ITB. Ketika MA saya juga memiliki rencana ke depan untuk menjadi peneliti di bidang fisika,” jelas Arkananta dilansir melalui laman resmi ITB di itb.ac.id, Rabu (15/9/2021).

Tak ada perasaan sedih di hati Arkananta ketika hanya mendapatkan medali perak. Justru, ia merasa bersyukur karena kembali memperoleh pengalaman.

“Alhamdulillah. Terima kasih juga kepada para dosen pembina yang tidak pernah membuat saya down, tidak pernah mengatakan materinya susah, justru sebaliknya,” ungkapnya.



Mengikuti kompetisi memang menjadi keinginan Arkananta karena ingin meneruskan kiprah olimpiadenya hingga tingkat universitas. Selain itu, pelajaran dari olimpiade digunakannya sebagai bahan persiapan di jurusan Fisika.

Materi yang diangkat dalam olimpiade sendiri merupakan materi Fisika dari tingkat pertama hingga tingkat akhir. Arkananta juga memperoleh ilmu dari buku, catatan dosen, serta dari rangkaian pembinaan oleh Fisika ITB.

Selain mengikuti KNMIPA, Arkananta juga mencoba kompetisi dan kegiatan lain di tingkat pertama masa kuliahnya ini. Hebatnya, ia bahkan menjadi Ketua Divisi Akademik di BPA FMIPA 2020 serta Anggota Divisi Kajian dan Riset Solve It ITB 2020/2021. Di luar ranah ITB, Arkananta juga berperan menjadi content creator Fisika QnA dan Bersains.

Meskipun banyak kegiatan yang digelutinya, ia tetap menomorsatukan kuliah. Tidak ada yang bisa menggantikan prioritasnya itu. “Apabila ada prioritas yang harus dipilih dan lawannya adalah kuliah, kuliah jelas nomor nol. Itu tujuan saya masuk ITB,” paparnya.

Kini, Arkananta bermimpi untuk dapat berkarier di bidang penelitian dan pengembangan. Rencana ke depannya ialah berkuliah hingga tingkat doktor. “Target saya melanjutkan studi ke Jepang,” mimpi Arkananta.

Sebagai penutup, Arkananta berpesan agar proses perkuliahan dinikmati, terutama bagi mahasiswa tingkat pertama. Menurutnya, masih banyak kesenggangan waktu yang dapat diisi dengan kegiatan lain. “TPB adalah masa-masa santai dan menyenangkan. Manfaatkan waktu TPB untuk menggali potensi diri,” pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)