5 Hal Penting yang Perlu Diketahui Saat Kuliah

Selasa, 28 September 2021 - 20:23 WIB
loading...
5 Hal Penting yang Perlu Diketahui Saat Kuliah
Mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menjadi mahasiswa di suatu perguruan tinggi tidak hanya diisi dengan kegiatan belajar saja. Namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan potensi diri.

Kegiatan lain itu perlu dilakukan sebab bisa menjadi bekal setelah lulus kuliah. Terutama bagi kalian yang ingin melanjutkan diri ke dunia kerja nanti.



Mengutip instagram resmi Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi Kemendikbudristek di @diktivokasi, Selasa (28/9/2021), ada 5 hal yang harus diketahui saat kuliah agar potensi diri semakin terasah.

1. Tak Hanya Mengejar IPK, Pastikan Pengembangan Kualifikasi dan Sertifikasi
Masyarakat kian kompetitif apalagi sejak berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Banjir tenaga kerja terampil dari luar negeri tentu saja harus diperhatikan semua pihak, termasuk para mahasiswa.

Secara teoritis, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) memang menjadi standar mutlak yang dituju mahasiswa. Tentu hal ini ada kaitannya dengan kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan serta meniti karir.



Disamping mengejar IPK tingi, ada baiknya pula meluangkan waktu untuk menambah kualifikasi yang masih sebidang dengan jurusan kuliah yang diambil. Tak hanya mendapatkan pengalaman semata. Ini tentu jadi nilai tambah saat melamar pekerjaan kelak. Tak ada salahnya menginvestasikan waktu dan tenaga untuk hal bermanfaat dan positif

2. Kuatkan dan Bangunlah Jaringan (Networking) sebagai Investasi Masa Depan
Jangan jadi kupu-kupu alias kuliah pulang kuliah pulang. Demikian celetukan yang beredar di kampus. Ada benarnya meskipun tidak mutlak.

Sebab dalam dunia kerja saat ini networking berperan besar. Jaringan yang terbangun bisa jadi adalah satu hal yang positif saat lulus. Bisa jadi info tentang peluang karier atau berharap sukses lewat jalur wirausaha bisa didapatkan atau diwujudkan berkat adanya jaringan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0916 seconds (0.1#10.140)