Berlanjut Tahun Depan, IISMA akan Gandeng Kampus Top 100 Dunia

Rabu, 13 Oktober 2021 - 23:41 WIB
loading...
Berlanjut Tahun Depan, IISMA akan Gandeng Kampus Top 100 Dunia
Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Program Indonesian International Student Mobility Awards ( IISMA ) di mana mahasiswa bisa kuliah 1 semester di kampus dunia akan dilanjutkan lagi tahun depan. Kali ini Kemendikbudristek akan menggandeng perguruan tinggi yang masuk daftar top 100 dunia.

Koordinator Program dari Subpokja IISMA Andi Rahadiyan Wijaya mengatakan, tahun depan Kemendikbudristek melalui Subpokja IISMA Kampus Merdeka, akan meningkatkan kualitas dari perguruan tinggi yang menjadi mitra IISMA.



Di mana program IISMA tahun depan akan mengejar negara-negara yang lebih luas dan universitas yang masuk dalam top 100 kelas dunia.

“Kita mengejar bahwa universitas yang bisa berpartisipasi sebagai partner IISMA itu adalah yang harus ranking 5 besar di negaranya atau dia merupakan top 100 berdasar QS World University Ranking 2022,” katanya pada Sosialisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui siaran pers, Rabu (13/10/2021).

Jumlah mahasiswa yang akan dikirim, terang Andi, kemungkinan akan masih mengirimkan 1.000 mahasiswa tetapi kualitas dari mitra perguruan tingginya yang akan menjadi lebih baik.



Terkait program IISMA, Andi menjelaskan, ini adalah program student mobility. Di mana mahasiswa Indonesia di semester empat sampai enam bisa mendapatkan beasiswa yang memungkinkan mereka untuk mengambil mata kuliah di universitas top dunia.

Berbeda dengan program-program pelajar yang lain, mahasiswa dapat mempelajari mata kuliah yang tidak mesti linear dengan program studinya. Antusiasme para mahasiswa Indonesia dalam mengikuti program ini pun sangat besar.

Andi menyebut terdapat sekitar 2.500 mahasiswa yang sudah mendaftar IISMA dan berasal dari 172 perguruan tinggi Indonesia. Adapun penerima beasiswa itu untuk saat ini sebanyak 970 mahasiswa dari 98 perguruan tinggi yang ada di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)