Mau Lulus UTBK SBMPTN? Hindari 7 Kesalahan Ini

Selasa, 19 Oktober 2021 - 23:50 WIB
loading...
Mau Lulus UTBK SBMPTN? Hindari 7 Kesalahan Ini
Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Indonesia (UI) 2021 Gelombang 2. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sukses di Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) butuh persiapan khusus termasuk menghindari 7 kesalahan yang kerap dilakukan calon peserta.

Setiap tahunnya Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) selalu menjadi incaran ratusan ribu calon mahasiswa untuk mendapat PTN sasarannya. Tahun ini LTMPT menyebutkan 184.942 peserta dinyatakan lulus SBMPTN 2021.



Maka persiapan pun perlu disiapkan sejak dini sebab jangan sampai ada peserta yang kurang persiapan dan melakukan kesalahan sehingga gagal di UTBK SBMPTN.

Melansir laman startup bidang edukasi Ruang Guru di ruangguru.com, Selasa (19/10/2021), telah dirangkum 7 kesalahan yang perlu dihindari selama persiapan UTBK SBMTN. Simak daftarnya di bawah ini.

1. Salah menggunakan strategi belajar
“Banyak banget materinya, harus mulai belajar UTBK dari mana ya?”
Banyak yang bingung harus mulai belajar materi UTBK dari mana hingga salah dalam memilih strategi belajar. Seperti yang diketahui, soal-soal UTBK dan seleksi mandiri PTN hampir semuanya membutuhkan pemahaman mendalam dan penalaran yang baik.

Banyak di antara calon peserta yang hanya mengandalkan soal-soal UTBK yang lalu dan melahapnya tanpa benar-benar memahami materinya. Apabila kamu hanya menghafal soal dan rumus, ini bisa jadi kesalahan fatal, lho.



Tipsnya, kamu bisa mulai dengan memetakan kemampuan diri terlebih dahulu. Pilih materi yang sudah dan belum dikuasai. Kemudian, buat jadwal dan target belajar untuk lebih memperdalam materi yang belum kamu kuasai. Dengan begitu, target belajar bisa terpenuhi menjelang hari ujian nanti.

2. Mulai belajar setelah pengumuman SNMPTN
Siapa nih yang masih santai dan berharap dari SNMPTN? Terlalu yakin dengan hasil SNMPTN bisa membuat kamu lalai dan nggak belajar materi UTBK SBMPTN. Mulai belajar setelah pengumuman SNMPTN akan mengurangi kesiapan untuk lolos SBMPTN.

Faktanya, kuota daya tampung untuk setiap program studi di jalur SNMPTN ditetapkan paling sedikit yaitu hanya 20 % dari keseluruhan daya tampung program studi yang bersangkutan.

Maka sebaiknya jangan hanya mengandalkan SNMPTN. Meskipun nilai rapormu bagus, tapi tetap harus mempersiapkan diri untuk UTBK.

3. Belum matang dalam memilih jurusan dan kampus
Jangan sampai bingung memilih jurusan karena belum tahu minat dan bakat. Maka cari tahu di mana kemampuan dan minat kamu sehingga bisa menentukan jurusan yang tepat dari sekarang.

Selain itu, pastikan juga program studi yang dipilih sudah dipahami dengan jelas dengan cara banyak mencari informasi prodi incaran dan jagan ragu untuk bertanya kepada orang yang memahami program studi yang menjadi minat.

Pilihan prodi kedua dan ketiga juga harus disertai alasan yang matang. Anggap saja keduanya sebagai kesempatan ekstra kamu untuk masuk PTN. Tidak menutup kemungkinan kamu diterima di program studi alternatif tersebut, asalkan diperhitungkan peluang tersebut dengan baik dan rasional.

4. Pemahaman konsep lemah, hanya modal menghafal
Soal UTBK menggunakan tipe soal HOTS, yaitu soal yang membutuhkan penalaran tingkat tinggi sehingga kamu tidak terpaku hanya pada satu pola jawaban yang dihasilkan dari proses menghafal.

HOTS adalah salah satu tuntutan keterampilan dalam pembelajaran abad 21, yaitu berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.

Maka untuk bisa mengerjakan soal HOTS diperlukan pemahaman konsep yang kuat. Bagi kamu yang masih belajar dengan metode menghafal, sepertinya perlu mengubah cara belajar kamu nih. Tenang, kamu akan dibantu oleh video belajar interaktif di ruangbelajar.

5. Kurang latihan soal dan nggak ikut try out
Ikut try out UTBK penting banget untuk melatih calon peserta dalam menghadapi soal serta manajemen waktu dalam menyelesaikan soal UTBK. Hasil dari try out juga bisa jadi bahan pertimbangan dalam memilih jurusan.

6. Tidak mencari tahu daya tampung dan keketatan persaingan
Mencari tahu daya tampung dan keketatan di UTBK tahun sebelumnya bisa memberikan panduan dalam menyusun strategi urutan program studi. Informasi ini bisa kamu dapatkan di laman resmi LTMPT.

7. Terlalu ambisius hingga kurang istirahat
Wajar kalau kamu berusaha semaksimal mungkin untuk bisa lolos ke jurusan impian melalui jalur UTBK SBMPTN. Nggak ada orang yang ingin merasakan kegagalan.

Namun, jangan sampai kamu jadi nggak memperhatikan kondisi fisik. Menjaga kesehatan itu penting supaya kamu tetap sehat selama proses persiapan UTBK hingga menjalani ujian nanti.

Terlalu lelah dan kurang istirahat akan membuat kamu nggak maksimal dalam memahami materi atau mengerjakan soal.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)