Sherina Berbagi Tips Kegiatan Belajar yang Menyenangkan, Apa Saja?

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 22:05 WIB
loading...
Sherina Berbagi Tips Kegiatan Belajar yang Menyenangkan, Apa Saja?
Penyanyi dan aktris Sherina Munaf membagikan 3 tips belajar yang bisa dicoba bagi siswa maupun mahasiswa agar semakin semangat belajar. Foto/Dok Zenius
A A A
JAKARTA - Penyanyi dan aktris Sherina Munaf membagikan 3 tips belajar yang bisa dicoba bagi siswa maupun mahasiswa agar semakin semangat belajar.

Apa yang biasa terlintas ketika mendengar kata belajar ? Mungkin ada yang langsung membayangkan aktivitas yang terkesan kaku, membosankan dan mengintimidasi seperti menghafal rumus-rumus.



Namun sebenarnya, kegiatan belajar bisa menjadi sebuah kegiatan yang asyik dan menyenangkan. Seperti penyanyi dan aktris, Sherina Munaf, yang memiliki beberapa cara untuk membuat kegiatan belajar menjadi lebih seru.

Yuk, simak tiga tips belajar dari Sherina yang juga terpilih sebagai Brand Ambassador platform edtech, Zenius ini.

1. Mulai dari ide besar
“Ketika baru mulai belajar, aku biasanya mulai dari ide besarnya dulu, gak langsung ke informasi yang detail. Kalau ide besarnya udah menarik, biasanya aku akan termotivasi sendiri buat gali detailnya. Aku biasanya mulai baca-baca buku populernya dulu, baru, kalau tertarik, baca textbook untuk lebih detailnya,” ungkapnya melalui siaran pers, Jumat (22/10/2021).

Ketika memulai belajar, Sherina biasa untuk mengawalinya dari ide besar terlebih dahulu. Jika ide besarnya menarik dan sudah ia pahami, ini akan membuatnya lebih termotivasi untuk menggali detailnya lebih jauh.



Selain lebih menarik karena membuat penasaran, pembelajaran juga akan terasa lebih mudah karena sudah memahami dasar materinya untuk kemudian dapat dipelajari secara lebih mendalam.

Sherina biasa menerapkan cara ini dengan membaca buku-buku populer, dan jika ia tertarik dengan pembahasannya, ia akan belajar melalui textbook untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif.

Bila kamu seringkali merasa sulit untuk memahami materi atau merasa materi yang harus dipelajari terlalu rumit, tips pertama ini sangat cocok untuk kamu terapkan.

Cobalah mempelajari dasar materinya, perkuat pemahamanmu sampai kamu merasa betul-betul menguasai materi, lalu kamu boleh lanjut ke materi yang lebih mendalam. Dengan menerapkan cara ini, kamu tidak akan mudah lupa dengan materi yang sudah kamu pelajari.

2. Aktif berdiskusi
“Aku beruntung banget punya temen-temen yang asyik untuk diajak ngobrol seru. Sering kali, pas ngobrol, ada temen yang ngasih insights dari buku A, ide dari pemikir B, atau dapet pertanyaan-pertanyaan yang bikin aku mempertanyakan ulang pandanganku. Nah, diskusi bareng temen-temen kayak gini bikin aku sekaligus belajar dan menambah motivasi juga,” tambahnya.

Kamu bisa menerapkan tips ini dengan cara memunculkan obrolan mengenai suatu isu ataupun materi pelajaran saat berkumpul dengan teman-teman. Semakin lama, tentunya kamu dan teman-teman akan semakin terbiasa untuk melakukan diskusi.

Tidak hanya dengan teman, kamu bisa berdiskusi dengan siapapun; adik atau kakak, orang tua, bahkan followers kamu di media sosial. Dengan berdiskusi, kamu tidak hanya dapat melatih kemampuan untuk berpikir kritis dan membangun argumen.

Namun kamu juga akan mendapatkan pandangan dari banyak perspektif sehingga akan terbiasa menerima pendapat orang lain. Ini merupakan cara ampuh agar tidak mudah bosan dalam belajar.

3. Baca sejarahnya
“Di samping membaca pemikiran ilmuwan seperti Feynman, Hawking, Carl Sagan, aku juga suka baca cerita kehidupan mereka. Dengan begitu, aku jadi tau kalau ada proses panjang dibalik sebuah ide atau karya hebat. Jadi, ketika belajar, aku bisa lebih menghargai pemikiran mereka dan lebih termotivasi buat mempelajarinya,” tutup Sherina.

Richard Feynman, Stephen Hawking, dan Carl Sagan adalah beberapa ilmuwan yang menjadi favorit Sherina. Bukan hanya membaca pemikiran dari para ilmuwan, tetapi Sherina juga senang membaca cerita kehidupan mereka.

Dengan melakukan hal ini, Sherina merasa termotivasi untuk terus belajar karena lebih menghargai ilmu yang berasal dari pemikiran para ilmuwan yang memiliki proses panjang dibaliknya.

Tidak hanya dari cerita ilmuwan, kamu bisa mempelajari sejarah suatu rumus terbentuk. Misalnya, bagaimana asal muasal suatu rumus? Atau, apa hakikat ilmu pengetahuan, dan apa sih esensi dari belajar? Hal-hal seperti ini membuat kamu mengerti konsep materi, jadi selain tidak mudah dilupakan, juga membuat kamu kaya akan pengetahuan.

Nah, itu tadi tiga tips yang bisa kalian terapkan supaya belajar tidak lagi membosankan. Tiap orang pasti memiliki cara belajarnya masing-masing. Jadi, jangan patah semangat untuk mencoba cara belajar yang paling sesuai bagi kamu.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6162 seconds (0.1#10.140)