10 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Siswa Lulusan SMK, Sangat Menjanjikan

Senin, 25 Oktober 2021 - 22:49 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Siswa Lulusan SMK, Sangat Menjanjikan
Salah satu jurusan kuliah yang cocok bagi lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan adalah Jurusan Arsitektur. Foto/Dok/Ruangguru
A A A
JAKARTA - Berikut ini adalah 10 jurusan di perguruan tinggi yang bisa menjadi bahan pertimbangan siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas.

Berbeda dengan pembelajaran di SMA yang mengutamakan kemampuan teoritik siswa, pembelajaran di jenjang SMK lebih mengedepankan kemampuan praktik sehingga lulusannya pun diharapkan siap dan mampu beradaptasi dengan cepat di dunia kerja.

Baca juga: Keren, Tim Spektronics ITS Sabet 2 Juara di Ajang Internasional

Namun, dari sekian banyak lulusan SMK yang langsung terjun ke dunia kerja, ternyata ada juga yang ingin melanjutkan pendidikan ke dunia perguruan tinggi. Nah bagi yang mau kuliah, jangan bingung untuk memilih perguruan tinggi dan jurusannya.

Melansir laman startup bidang edukasi Ruang Guru di ruangguru.com, Senin (25/10/2021), berikut adalah 10 jurusan yang bisa dijadikan referensi saat bingung menentukan jurusan mana yang harus dipilih bagi lulusan SMK. Disarankan untuk memilih jurusan yang linier dengan keahlianmu sebelumnya.

1. Jurusan Arsitektur
Salah satu jurusan kuliah yang cocok bagi lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan adalah Jurusan Arsitektur. Karena apa yang dipelajari dibangku SMK seperti teknik-teknik menggambar proyeksi secara manual dan digital dengan Autocad, bisa menjadi landasan saat ingin melanjutkan kuliah di jurusan ini.



Jurusan Arsitektur akan memberikan pelajaran mengenai desain dan rancangan konstruksi bangunan yang meliputi kekuatan bangunan (firmitas), estetika bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas). Untuk masuk di jurusan ini paling tidak harus memiliki ketertarikan pada matematika, menggambar, seni, dan teknologi.

Baca juga: Riset UGM: Kadar Kolesterol dalam Darah akan Turun dengan Konsumsi Daun Herbal Ini

Saat kuliah di Jurusan Arsitektur, mahasiswa akan sering berhubungan dengan pengukuran bangunan, rancangan anggaran biaya dan bahan, pengenalan detail dari bagian bangunan, hingga pembuatan desain.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2282 seconds (11.97#12.26)