UIN Suska Riau Gelar Workshop Peningkatan Akreditasi Jurnal dan Launching Rumah Jurnal

Minggu, 31 Oktober 2021 - 11:03 WIB
loading...
UIN Suska Riau Gelar Workshop Peningkatan Akreditasi Jurnal dan Launching Rumah Jurnal
Workshop Peningkatan Akreditasi jurnal yang digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau), pada 29-30 Oktober 2021.
A A A
PEKANBARU - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) menyelenggarakan Workshop Peningkatan Akreditasi jurnal secara offline, pada 29-30 Oktober 2021, di Hotel Fave Pekanbaru, Riau.

baca juga: Dipaksa Ganti Uang Kasus Perampokan Rp 700 Juta, 2 Pegawai UIN Suska Riau Menang Gugatan

Workshop sekaligus peresmian Rumah Jurnal dan pemberian Reward Sinta ini, dibuka langsung Wakil Rektor I Dr Hj Helmiati Mag, didampingi Ketua LP2M sekaligus penanggung jawab pelaksanaan kegiatan Prof Dr Leny Nofianti MS SE MSi AK CA.

Prof Leny Nofianti dalam sambutannya menyampaikan bahwa UIN Suska Riau mempunyai 59 jurnal, 28 jurnal yang belum terakreditasi dan 29 jurnal yang sudah terakreditasi, termasuk jumlah jurnal terbanyak di lingkungan PTKIN.

“Kami dari LP2M membuat program bahwa ke depannya nanti ada jurnal yang terindeks di scopus dan target terakreditasi Sinta 2. Selanjutnya kami membuat Rumah Jurnal, dan hari ini InsyaAllah akan kita launcing. Jadi bapak/ibu pengelola jurnal bisa nanti berkoordinasi dengan rumah jurnal dan membuat pertemuan rutin,” Kata Lenny.

baca juga: Tips Mempublikasikan Jurnal Ilmiah Terindeks Scopus dari Guru Besar IPB

Sementara itu, Wakil Rektor I UIN Suska Dr Hj Helmiati mengucapkan selamat kepada peserta yang mengikuti workshop ini. “Dan tentunya kita mempunyai komitmen bersama untuk memajukan jurnal UIN Suska,” ujarnya.

Workshop diikuti 57 peserta dari berbagai pengelola jurnal di UIN Suska dan menghadirkan narasumber handal dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) Dr Parmin MPd. Selain untuk mendorong peningkatan pengelolaan jurnal ilmiah di ruang lingkup UIN Suska, kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah wawasan dan memotivasi pengelola jurnal agar bisa meningkatkan akreditasi jurnalnya.

Pada sesi pembukaan diberikan Reward Sinta kepada jurnal yang terakreditasi pada 2020 sebanyak 15 jurnal, yakni Jurnal Dakwah Risalah Sinta 2, Indonesia Journal of Artifical Intelligence and Data Mining Sinta 3, Kinderganteng: Journal of Islamic Early Chilhood Education Sinta 3, JTI: dan Jurnal Teknik Industri Sinta 4, Al Fikri.

baca juga: Mau Cari Jurnal Ilmiah, Ini Tipsnya

Lalu, Jurnal Ilmiah Keislaman Sinta 4, Hukum Islam Sinta 4, Jurnal Al-Iqtishad Sinta 4, SITEKIN Jurnal Sains Teknologi dan Industri Sinta 4, Jurnal EL Riyasah: dan Jurnal Kepemimpinan dan Administrasi Sinta 4, Al-Ittizaan:

Kemudian, Jurnal Bimbingan Konseling Islam Sinta 5, Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwah Sinta 5, Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Sinta 5, Masyarakat Madani: serta Jurnal Kajian Islam dan Pengembangan Masyarakat Sinta 5.

Kegiatan ini ditutup pada Sabtu (30/10/2021) oleh Prof Leny Nofianti, didahului dengan penyampaian hasil penilaian peserta atas kegiatan ini oleh Kepala Pusat Penelitian Dr Alwis. Secara keseluruhan, peserta yang ikut kegiatan ini bernilai sangat baik dan ke depan bisa terus diadakan secara berkelanjutan.
(ymn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)