Fikes UIN Jakarta Gelar Pelatihan Desain Grafis dan Jurnalistik untuk Mahasiswa-Dosen

Rabu, 03 November 2021 - 23:06 WIB
loading...
Fikes UIN Jakarta Gelar Pelatihan Desain Grafis dan Jurnalistik untuk Mahasiswa-Dosen
Dekan Fikes UIN Jakarta Dr. apt. Zilhadia, M.Si saat membuka pelatihan desain grafis dan jurnalistik bagi mahasiswa dan dosen Fikes UIN Jakarta. Foto/Dok/Fikes
A A A
JAKARTA - Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Pelatihan Desain Grafis dan Jurnalistik bagi mahasiswa dan dosen Fikes UIN Jakarta. Kegiatan yang digelar selama 2 hari menghadirkan sejumlah narasumber dari jurnalis senior media online nasional.

Dekan Fikes UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dr. apt. Zilhadia, M.Si menyambut baik pelatihan desain grafis dan jurnalistik bagi para mahasiswa dan tenaga pendidik. Skill ini sangat berguna bagi mahasiswa dan tenaga pendidik untuk menampilkan dan mempublikasikan program fakultas di lingkungan Fikes UIN Jakarta.



“Saya menyambut sangat baik karena tidak bisa kita pungkiri bahwa saat ini baik sebelum pandemi maupun sekarang ini kemampuan desain grafis dan penulisan jurnalistik harus dikuasai. Ini bekal yang sangat penting bagi mahasiswa dan tendik Fikes UIN Jakarta,” kata Dr. apt. Zilhadia disela-sela pembukaan acara pelatihan.

Menurutnya, terjadi peningkatan kebutuhan yang sangat cepat selama pendemi, di mana hampir semua kegiatan digelar secara online dan dibutuhkan informasi dari dunia maya. Misalnya, lanjut dia, seperti rapat webinar, workshop, ucapan berduka dan bersuka cita, serta segala macam bentuk ucapan melalui dunia maya.
Fikes UIN Jakarta Gelar Pelatihan Desain Grafis dan Jurnalistik untuk Mahasiswa-Dosen

Karena itu, kata Doktor lulusan Universitas Indonesia ini, penguasaan desain grafis dan jurnalistik sangat dibutuhkan, terutama mahasiswa dan tendik. Sebab, ketika tampilan pesan sampai ke penerima dengan segera dan mereka menangkap apa yang disampaikan, hal itu sangat tergantung dengan desain tampilan pesan yang dikirimkan. Sebaliknya, jika desain pesan kurang menarik, maka penerima pesan bisa saja tidak bersedia membuka pesan.



“Di dunia maya, semua orang memberikan informasi sehingga kita capai, mana yang mau dipilih. Ketika desainnya biasa-biasa saja, maka tidak menarik untuk diikuti. Padahal, bisa jadi kontennya bagus tapi karena desainnya kurang menarik, maka terlewatkan oleh orang-orang yang butuh,” terangnya.

Dia juga mencontohkan saat berkunjung ke Universitas Gadjah Mada (UGM). Kampus yang terletak di Yogyakarta tersebut menampilkan info UGM dengan desain yang menarik dan bahasa yang tertata rapih. Menurutnya, desain tampilan menjadi wajah dari sebuah organisasi penyampai pesan. Karena itu, kemampuan desain grafis dan berita menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

“Maka sangat tepat sekali jika acara pelatihan desain grafis dan jurnalistik ini dilaksanakan, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan skill mahasiswa dan pegawai dalam menampilkan wajah Fikes UIN Jakarta kepada khalayak,” harapnya.

Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan Fikes UIN Jakarta Dr Ida Rosyidah MA menambahkan, pelatihan desain grafis dan jurnalistik sangat penting untuk mengasah kemampuan mahasiswa dan tendik dalam menginformasikan kegiatan ke publik dalam bentuk berita. Hal ini sangat membantu fakultas dalam mempublikasikan sejumlah kegiatan atau program kerja kepada masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2489 seconds (0.1#10.140)