7 Macam Beasiswa yang Bisa Dipilih untuk Kuliah di Prancis, Tertarik?

Senin, 08 November 2021 - 11:51 WIB
loading...
7 Macam Beasiswa yang Bisa Dipilih untuk Kuliah di Prancis, Tertarik?
Beasiswa di Universitas Prancis. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Prancis bukan hanya sekadar tempat romantis di dunia saja. Lebih dari itu, Prancis memiliki universitas-universitas terkemuka di dunia seperti Sorbonne Universite, University of Oaris-Saclay, Université de Strasbourg dan Université de Lorraine.

Kamu bercita-cita untuk mengenyam pendidikan di salah satu universitas tersebut? Banyak sekali pelajar Indonesaia yang memutuskan untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri, terkhususnya ke Prancis.



Tak sedikit juga calon mahasiswa yang memburu beragam beasiswa untuk belajar ke negara asal Menara Eifel yang legendaris itu mulai dari jenjang sarjana hingga jenjang doktor.

Nah, berikut 7 macam beasiswa yang bisa kamu pilih jika ada rencana untuk berkuliah di universitas di Prancis:

1. Beasiswa Erasmus plus
Beasiswa ini merupakan beasiswa yang dirancang oleh Uni Eropa. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang mau melanjutkan pendidikan kuliah ke Prancis atau negara di Uni Eropa lainnya.

Nah beasiswa Erasmus ini terdiri dari program jenjang master dan doktorat multilateral. Kalau kamu sukses meraih beasiswa Erasmus Plus , kamu akan diberikan uang sebanyak 24.000 euro untuk 1 tahun jenjang master, dan 48.000 euro untuk 2 tahun jenjang master.



Dana itu sudah mencangkup biaya kuliah sebesar 8.000 euro per tahun dan biaya mobilitas seperti pesawat, biaya pindah antar negara sebanyak 4000 euro.

2. Beasiswa LPDP-BPI
BPI adalah singkatan dari Beasiswa Pendidikan Indonesia, nah beasiswa ini adalah beasiswa yang dicover oleh pemerintah Indonesia untuk membiayai pendidikan di jenjang magister dan doktoral.

Untuk kamu yang ingin meraih beasiswa ini, ada 17 institusi Prancis yang masuk ke dalam list universitas LPDP.

Kalau kamu sudah mendapatkan beasiswa ini, banyak hal yang akan kamu dapat seperti biaya mendidikan, biaya pendaftaran universitas, uang SPP, uang non SPP seperti
buku dan penelitian tesis.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan biaya pendukung pendanaan seperti transport keberangkatan, kepulangan, askes, biaya hidup, visa dan bahkan tunjangan keluarga.

3. Beasiswa Eiffel
Selanjutnya adalah beasiswa eiffel, beasiswa ini diselenggarakan oleh pemerintah Prancis untuk mahasiswa yang akan menlanjutkan ke jenjang S2 dan S3.

Dengan beasiswa ini, kamu akan mendapatkan tujangan bulanan 1.181 euro untuk jenjang Master dan 1.400 euro untuk jenjang doktor.

Selain itu, kamu juga akan mendapat hal lainnya seperti tiket pesawat PP, transport lokal, jaminan sosial, dan askes.

4. Beasiswa France Excellence S2
Pemerintah Prancis, melalui Institut Prancis di Indonesia (IFI)–Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, membuka kembali program beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa/i Indonesia unggulan yang ingin melanjutkan studi pada tingkat Master (M1 maupun M2) di Prancis. Program beasiswa ini terbuka untuk semua jurusan.

5. Beasiswa Pendanaan Bersama: IsDB-Pemerintah Prancis
Islamic Development Bank (IsDB), dalam rangka pengembangan negara-negara anggota Organisasi Kerja sama Islam (OKI) dan komunitas-komunitas muslim, terutama melalui program beasiswa pendidikan dan penelitan, menjalin kerja sama pembiayaan dengan puluhan negara.

Beasiswa ini diberikan dalam bentuk cicilan pinjaman tanpa bunga (qard hassan). Penggantian pinjaman dilakukan setelah siswa menyelesaikan studi mereka dan mendapatkan pekerjaan. Penggantian dibayarkan ke perwalian dana pendidikan di Negara masing-masing. Dana yang terkumpul akan didaur ulang menjadi beasiswa baru yang ditawaran kepada siswa dari negara yang sama.

Program tersebut bertujuan agar para penerima beasiswa dapat menjadi garda depan pembangunan negara mereka masing-masing setelah menyelesaikan pendidikan maupun penelitian mereka.

6. Beasiswa Institusi Pendidikan Tinggi Prancis
Mahasiswa master di ISAE-SUPAERO (tidak termasuk gelar ganda) bisa mendapatkan keuntungan bantuan pembiayaan dari Yayasan ISAE-SUPAERO dan mitranya, yaitu Airbus, Thalès, MBDA, TSAE.

Beasiswa ini berlaku selama dua tahun pelatihan Master of Science, mencakup biaya pendidikan penuh dan biaya hidup sebagian.

Untuk mengajukan beasiswa, Anda harus terlebih dahulu mengajukan aplikasi untuk Master in Science Aerospace Engineering. Kemudian Anda dapat mengajukan permohonan bantuan pembiayaan sesuai dengan tenggat waktu yang diumumkan (Anda dapat mengajukan satu atau lebih beasiswa).

Untuk pelajar Indonesia, tersedia beasiswa MBDA Program of Excellence for Indonesia yang mencakup biaya hidup sebesar 8.000€/tahun.

7. Beasiswa Kartini Sains
Pemerintah Prancis, melalui Institut Prancis di Indonesia (IFI)–Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, meluncurkan program Beasiswa Kartini Sains.

Beasiswa Kartini Sains mendanai pendidikan mahasiswa wanita tingkat master di bidang sains murni dan bertujuan untuk memperkuat posisi wanita dalam ranah penelitian ilmiah. Menurut UNESCO, peneliti wanita dunia hanya berjumlah 30% saja. Untuk itu, Prancis dengan bangga mendukung keberhasilan Indonesia yang memiliki jumlah peneliti wanita yang menonjol dari angka rata-rata dunia (46%).
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)