Inovasi Keren Mahasiswa ITS, Bisa Hubungkan Petani Garam dengan Industri

Rabu, 10 November 2021 - 05:09 WIB
loading...
Inovasi Keren Mahasiswa ITS, Bisa Hubungkan Petani Garam dengan Industri
Tampilan aplikasi Garam.id. Foto/Dok/ITS
A A A
JAKARTA - Tiga mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) yang tergabung dalam Tim Sehat berhasil melahirkan sebuah karya inovatif yakni aplikasi jual beli Garam.id. Aplikasi ini dapat membuat hasil produksi garam dalam negeri terserap sempurna, sekaligus memberikan edukasi kepada petani garam agar mampu memproduksi garam sesuai kualitas industri.

Ketiganya ialah Berliana Nur Indah Sari, Dian Permana, dan Dendi Bahranur Aulia yang merupakan sosok di balik inovasi aplikasi Garam.id. Dengan bimbingan Dr Dhany Arifianto Tim Sehat berhasil mencetak kemenangan dengan meraih perak pada Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi ( Gemastik ) XIV pada cabang lomba Pengembangan Perangkat Lunak (PPL).



Ketua Tim Berliana Nur Indah Sari mengungkapkan, Garam.id bertujuan untuk mengedukasi para petani agar dapat meningkatkan kualitas garamnya. Aplikasi ini memiliki fitur pendukung yang dapat mengidentifikasi jenis garam.

“Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan artikel dan literatur tentang kualitas garam nasional,” katanya melalui siaran pers, Selasa (9/11/2021).

Melalui fitur prakiraan iklim dan cuaca para petani garam juga bisa mengantisipasi gagal panen karena Garam.id menghubungkan para petani dengan perusahaan atau industri secara langsung.



Hal ini membuat mereka tidak perlu lagi menjual kepada tengkulak dengan harga murah. “Dengan aplikasi ini para petani garam bisa menjual garam langsung kepada industri,” tegas mahasiswa Departemen Teknik Fisika ini.

Ide tersebut berangkat dari permasalahan petani garam kampung halaman Berliana yang berada di Sumenep, Madura. Maka dari itu, Tim Sehat fokus untuk membantu petani garam agar hasil produksi garam yang akan dijual sesuai dengan kualitas industri melalui pengembangan aplikasi Garam.id.

Agar dapat memberikan bantuan secara maksimal, tim melakukan wawancara langsung dengan petani garam untuk mematangkan tujuan pembuatan aplikasi tersebut. Selain itu, tim juga membaca literatur tentang jenis garam yang mampu dihasilkan oleh petani garam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)