Jawab Kebutuhan Industri Masa Depan, UBM Luncurkan Program Studi Data Science

Rabu, 10 November 2021 - 10:45 WIB
loading...
Jawab Kebutuhan Industri Masa Depan, UBM Luncurkan Program Studi Data Science
Mahasiswa Universitas Bunda Mulia (UBM). Foto/Dok/UBM
A A A
JAKARTA - Kehadiran industri 5.0 memaksa berbagai industri untuk memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dengan pengalaman dan kemahiran data science. Memiliki SDM dengan penguasaan skill tersebut, diyakini bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan bisnis secara menyeluruh.

Agar dapat memenuhi kualifikasi tersebut, Universitas Bunda Mulia (UBM) memutuskan untuk ikut serta dalam melahirkan SDM dengan keahlian data science yang dapat menjawab kebutuhan industri.



"Program Studi Data Science ini akan melahirkan professional muda yang memiliki kompetensi ahli dalam memproses data dari sebuah permasalahan untuk menemukan solusi terbaik diberbagai bidang," kata Direktur Pemasaran UBM Young Dame R Napitupulu dalam keterangan pers, Rabu (10/11/2021).

Menurutnya, Prodi Data Science diyakini mampu membawa transformasi juga inovasi agar Indonesia menjadi bangsa yang siap bersaing secara global. Ragam transformasi dan inovasi tersebut, lanjut dia, berhulu dari Artificial Intelligent (AI) atau kecerdasan buatan yang membuka peluang akan pengolahan data menjadi lebih maksimal.

Berangkat dari kebutuhan transformasi tersebut, Universitas Bunda Mulia turut mengambil peran dalam pengembangan generasi muda di Indonesia agar memiliki kompetensi dan dapat berkompetisi secara global dalam pembelajaran literasi data.



Hari ini, Universitas Bunda Mulia meluncurkan the most wanted expertise in industry, Program Studi Data Science. Program studi ini diharapkan menjadi ilmu terapan yang dapat mentranformasikan banyak aspek mulai dari gaya hidup hingga kebiasaan masyarakat dari berbagai sisi.

"Kedepannya, Program Studi Data Science diharapkan dapat membawa kita ke inovasi hidup yang lebih baik, di mana generasi muda yang fokus dalam pembelajaran data ini dapat menjadi ahli yang memiliki dampak positif bagi industri saat ini dan di masa depan," ujar Young Dame.

Dalam rangkaian peluncuran Program Studi Data Science ini, Universitas Bunda Mulia, bekerja sama dengan dua pakar data science dari industri. Selanjutnya akan mengadakan webinar perdana bertema “Leading Towards The Bright Future” yang akan mengupas tuntas bagaimana data science menjadi sebuah keilmuan dan juga keahlian yang sangat dibutuhkan di dunia.

Selain webinar ini, akan diadakan juga kompetisi berhadiah jutaan rupiah untuk kategori Sekolah Menengah Atas (SMA) dan juga mahasiswa yang mengambil tema, “Pahlawan Data”. Di mana anak-anak SMA dan juga mahasiswa boleh unjuk gigi terkait kemampuan mereka melakukan riset, mengolah data, dan membuat presentasi terkait data yang didapatkan.

Dengan Program Studi Data Science terbaru ini, Universitas Bunda Mulia dengan tagline “Bridging Education to the Real World” akan terus melahirkan generasi-generasi muda ahli data penuh pretasi yang akan mengukir prestasi mereka di berbagai industri untuk memajukan bangsa Indonesia.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4093 seconds (0.1#10.140)