Bangga, 15 Dosen Indonesia Masuk Daftar 2% Ilmuwan Berpengaruh di Dunia

Rabu, 10 November 2021 - 19:23 WIB
loading...
Bangga, 15 Dosen Indonesia Masuk Daftar 2% Ilmuwan Berpengaruh di Dunia
Sebanyak 58 Ilmuwan Indonesia dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga riset masuk dalam daftar World’s Top 2% Scientists 2021 from ASEAN Countries. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebanyak 58 dosen sekaligus Ilmuwan Indonesia dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga riset masuk dalam daftar World’s Top 2% Scientists 2021 from ASEAN Countries. Pemeringkatan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun oleh Standford Univeristy dan Elsevier BV dengan kategori Top 2% World Ranking Scientists.

Pemeringkatan Top 2% World Ranking Scientists ini dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Standford University, yakni Prof. John Loannidis, Jeroen Baas, dan Kevin Boyack.



Ada beberapa faktor yang menjadikan dosen-dosen Indonesia, bisa masuk ke dalam Top 2% World Ranking Scientist. Salah satunya karena karya yang telah dibuat oleh para dosen Indonesia paling sering dikutip oleh peneliti-peneliti lain dari berbagai negara di dunia. Dari 58 Ilmuwan Indonesia, inilah 15 dosen Indonesia yang masuk daftar 2% ilmuan berpengaruh di dunia, hebat dan membanggakan!

1. Prof. Dr.-Ing. Nandy Putra (Departemen Teknik Mesin FTUI)
Prof. Dr.-Ing. Nandy Putra ini merupakan guru besar di Departemen Teknik Mesin Universitas Indonesia. Prof. Nandy merupakan dosen yang aktif dalam kegiatan riset pada Applied Heat Transfer Research Group (AHTRG) FTUI.

Prof. Nandy merupakan pakar dalam bidang tersebut dan sudah banyak karya ilmiah yang telah dibuatnya seperti perangkat pembawa vaksin yang ramah lingkungan dan hemat energy, dll.

2. Mohammed Ali Berawi, M.Eng.Sc., Ph.D. (Departemen Teknik Sipil FTUI)
Ada 7 Dosen UI yang masuk ke dalam Top 2% World Ranking Scientists, salah satunya adalah Mohammed Ali Berawi. Dr. Mohammed Ali Berawi merupakan salah satu Profesor Univesitasi Indonesia di Departemen Teknik Sipil. Sebelum bergabung di FTUI, Dr. Berawi merupakan dosen senior di Universitas Malaya dan dosen di School of Technology di Oxford Brookes University di Inggris.



Dilansir dari research.eng.ui.ac.id, Dr. Mohammed Ali Berawi mempunyai banyak karya yang telah dipublikasi dalam buku, jurnal internasional, konferensi, dan prosiding konsultasi. Karya-karya yang dibuat berkaitan dalam rekayasa nilai/manajemen nilai, manajemen pengetahuan dan kualitas, desain rekayasa, dan inovasi.

3. Prof.Ir. Tommy Firman, M.Sc.,Ph.D.
Ada 10 Dosen dari ITB yang masuk ke dalam penghargaan Top 2% World Ranking Scientists, salah satunya adalah Prof. Tommy Firman. Dilansir dari itb.ac.id, Prof.Ir. Tommy Firman, M.Sc.,Ph.D.adalah guru besar Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan ITB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2732 seconds (0.1#10.140)