Rektor Unkris Ungkap 4 Kunci Menjadi SDM Unggul

Kamis, 11 November 2021 - 11:46 WIB
loading...
Rektor Unkris Ungkap 4 Kunci Menjadi SDM Unggul
Rektor Universitas Krisnadwipayana (Unkris), Ayub Muktiono mendorong mahasiswa untuk melakukan inovasi dan mengembangkan kreativitas agar menjadi SDM unggul. FOTO/TANGKAPAN LAYAR ZOOM
A A A
JAKARTA - Rektor Universitas Krisnadwipayana ( Unkris ), Ayub Muktiono mendorong mahasiswa untuk melakukan inovasi dan mengembangkan kreativitas agar menjadi Sumber Daya Manusia ( SDM) unggul . Mahasiswa saat ini merupakan calon pemimpin di era Indonesia Emas pada 2045 mendatang.

"Kami ingin mendorong dan memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk terus melakukan inovasi dan mengembangkan kreativitas," kata Ayub Muktiono saat membuka webinar Sosialisasi dan Pemantapan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (11/11/2021).

Kegiatan yang digagas Inkubator Bisnis HIPMI PT bekerja sama dengan LLDIKTI dan Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Kebangsaan (LPKK) Unkris ini menghadirkan 2 narasumber, Wahyu Hari Haji (Reviewer Nasional PKM Kemendikbudristek) dan Rigel Pawallo (Ketua Umum HIMPI PT Kota Bekasi). Webinar sebagai ajang sharing Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang digagas Kemendikbudristek.

Baca juga: Unkris Sebut Kongres Kebangsaan Langkah Strategis Penguatan Bangsa

Menurut Ayub, untuk menjadi SDM unggul, Rektor menyebut setidaknya ada 4 kunci penting. Selalu belajar atau menuntut ilmu, membangun networking atau menjalin silaturahmi, mengimplementasikan ilmu yang diperoleh, termasuk memanfaatkan networking yang dimiliki serta berdoa.

"Kemudian hal penting lainnya adalah jangan pernah takut untuk gagal. Karena sesungguhnya rintangan itu yang akan membuat kita menjadi lebih pintar dan lebih cerdas. Bangkit dan bangkit terus seberapapun banyaknya kalian jatuh," kata Rektor Unkris.

Hal senada juga disampaikan Wakil Rektor 3 Unkris Parbuntian Sinaga. Menurutnya, kreativitas selalu berkaitan dengan tiga faktor yakni pikiran (kognitif), perasaan (afektif), dan ketrampilan (psikomotorik). Pikiran menyangkut imajinasi, persepsi dan nalar yang dimiliki mahasiswa. Lalu jika berbicara masalah perasaan akan berkaitan dengan emosi, estetika, dan harmonisasi. Pada faktor keterampilan, melekat bakat, minat serta pengalaman dari masing-masing individu mahasiswa.

"Agar mahasiswa dapat mencapai level kreativitas, maka ketiga faktor tersebut harus dikembangkan secara optimal," kata Sinaga.

Baca juga: Unkris Kembali Miliki Gedung di Jantung Ibu Kota Jakarta

Ia juga meminta mahasiswa memanfaatkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus agar dapat mengasah daya kreativitasnya. Melalui aktivitas di UKM, diharapkan ketika mahasiswa lulus, tidak sekadar menjadi pencari lapangan kerja, tetapi sebaliknya, lulusan Unkris harus mampu menciptakan atau membuka lapangan kerja.

Dalam kesempatan yang sama Ketua LPKK Unkris Susetya Herawati mengatakan, Unkris terus berupaya menumbuhkan budaya baru yakni bagaimana menggerakkan mahasiswa agar menjadi lebih kreatif dan inovatif tanpa meninggalkan bidang keilmuannya.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Wakil Rektor 1 untuk menyinergikan mata kuliah MKDU dengan program kreativitas mahasiswa," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5035 seconds (0.1#10.140)