5 Cara Meningkatkan IQ Anak Tanpa Perlu Mengeluarkan Uang

Sabtu, 13 November 2021 - 15:51 WIB
loading...
5 Cara Meningkatkan IQ Anak Tanpa Perlu Mengeluarkan Uang
Cara meningkatkan IQ anak tanpa mengeluarkan uang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Banyak sekali pertanyaan orang tua yang disampaikan ke guru atau pendidik, bagaimana cara meningkatkan Intelligence Quotient atau IQ anak . Pertanyaan lainnya, apakah IQ anak bisa ditingkatkan?

Selain itu, kalian mungkin pernah mendengar salah satu orang tua yang berkata, ayahnya bodoh ibunya pun sama bagaimana bisa anaknya pintar? Bagaimana anaknya bisa memiliki IQ tinggi?



Adapun mitos yang beredar di masyarakat bahwa IQ anak sudah ditetapkan sejak lahir dan tak bisa dikembangkan kembali. Usaha orang tua untuk meningkatkan IQ hanya sia-sia saja.

Meningkatkan IQ anak bukan dengan menanyakan pertanyaan yang bertubi-tubi lalu sang anak bisa menjawabnya. Bukan juga soal bagaimana mereka dipaksa mengingat banyak hal.

IQ adalah nilai kecerdasan seseorang yang diukur melalui beberapa tes. Konsep kecerdasan ini sudah ada sejak akhir abad ke-19 dan masih banyak digunakan oleh psikolog hingga sekarang. Nilai IQ diukur dengan tingkatan:

70 – 79: Tingkat IQ rendah atau keterbelakangan mental
80 – 90: Tingkat IQ rendah yang masih dalam kategori normal (Dull Normal)
91 – 110: Tingkat IQ normal atau rata-rata
111 – 120: Tingkat IQ tinggi dalam kategori normal (Bright Normal)
120 – 130: Tingkat IQ superior
131 atau lebih: Tingkat IQ sangat superior atau jenius

Psikolog Howard Gardner di tahun 1983 menjelaskan bahwa setiap manusia memiliki tingkat kecerdasan yang dapat diukur. Ia juga membagi kelompok kecerdasan majemuk menjadi 8 kategori yaitu; kecerdasan musikal, visual spasial, bahasa, logika matematika, kinestetik, intrapersonal (pemahaman diri), interpersonal (sosial), dan naturalis.

Selain faktor genetik, nilai IQ anak bisa ditingkatkan melalui stimulasi yang mengasah ke-8 jenis kecerdasan tersebut. Nah, berikut ini beberapa cara meningkatkan IQ yang bisa orang tualakukan untuk buah hatinya.

Dikutip dari S.A.M Singapore Math bahwa ada 5 cara untuk meningkatkan kecerdasan dan IQ anak anda:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)