FKUI RSCM Rancang Aplikasi LupusKu untuk para Pejuang Lupus

Senin, 15 November 2021 - 14:02 WIB
loading...
A A A
Melalui data tersebut, aplikasi akan memunculkan notifikasi pengingat hal-hal yang harus dilakukan pasien seperti jadwal kontrol ke dokter, atau notifikasi peringatan untuk segera melakukan pemeriksaan di Instalasi Gawat Darurat.

Dalam mencatat perjalanan terapi, pengguna dapat memilih fitur PertumbuhanKu, PemeriksaanKu, PengobatanKu, dan Pelajari. Pada fitur PertumbuhanKu, pengguna dapat mencatat berat badan dan tinggi badan setiap melakukan pengukuran.

Selanjutnya, pengguna dapat mencatat semua hasil pemeriksaan dalam fitur PemeriksaanKu. Dalam fitur ini, pengguna dapat memasukkan hasil pemeriksaan darah, urine, rontgen, jantung, tulang , dan lainnya. Pengguna juga dapat mengisi sendiri data-data pemeriksaan dokter atau mengunggah foto dokumen pemeriksaan.

Lebih lanjut, pengguna dapat memanfaatkan fitur PengobatanKu untuk mencatat semua kebutuhan obat yang diperlukan. Aplikasi ini bahkan menyediakan fitur tambahan pengingat jadwal konsumsi obat. "Ini akan memudahkan tidak hanya bagi orang tua dan pasien, tetapi juga untuk dokter yang memeriksa di Poliklinik," ujar Dina.

Fitur Pelajari dalam aplikasi ini adalah bentuk ruang edukasi bagi pengguna untuk mengetahui informasi-informasi terkini mengenai penyakit Lupus. Pengguna juga tidak perlu khawatir dalam hal privasi karena kerahasiaan data pengguna terjamin. Untuk saat ini, aplikasi ini baru tersedia di Google Play Store untuk perangkat berbasis Android dan kedepannya akan tersedia di App Store dan PrimaKu.

Hingga saat ini penyakit Lupus belum dapat disembuhkan. Tujuan pengobatan hanyalah untuk mendapatkan remisi panjang, mengurangi tingkat gejala, mencegah kerusakan organ, serta meningkatkan potensi untuk tetap hidup. Penggunaan teknologi seperti aplikasi LupusKu dapat menolong penderita Lupus untuk dapat hidup normal atau setidaknya mendekati tahap normal dalam menghadapi penyakitnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5987 seconds (0.1#10.140)