Penerapan Social Enterprises dalam Menghadapi Tantangan Sosial

Senin, 15 November 2021 - 18:34 WIB
loading...
A A A
Pada inisiasi bisnis sosial yang potensial mampu membentuk hubungan yang didorong oleh individu, komunitas, penerima manfaat maupun pasar. Untuk persuasi melibatkan serangkaian praktik yang mendorong bisnis sosial untuk membentuk hubungan dengan melibatkan penyusunan manfaat potensial, membentuk solidaritas, membentuk percakapan serta institusi yang mendorong dan memfasilitasi hubungan.

Pengusaha sosial melaksanakan lima penerapan dalam resolusi konflik. Mereka melakukan pengindaran, hibridisasi, negosiasi yang menghasilkan institusi dan penerimaan untuk mengatasi konflik logika yang berpotensi dalam membentuk hubungan dengan bisnis.

Pengusaha sosial juga mengadopsi tiga penerapan penciptaan nilai yaitu pemanfaatan sumber daya, pemanfaatan sumber daya bersama dan replikasi untuk mencapai tujuan mereka melalui hubungan yang dibentuk dengan bisnis.

Kementerial Sosial, Pusat Penyuluhan Sosial (PUSPENSOS) menjelaskan bahwa salah satu upaya untuk mendongkrak perekonomian yaitu kewirausahaan sosial. Agar pembangunan tidak hanya terpusat pada pemerintah, perusahaan sosial dibantu oleh masyarakat menjadi salah satu tombak keberhasilan suatu negara.

Artikel ini ditulis oleh Talitha Gustiyana, M.M, Alumni Universitas Bakrie dan berhubungan dengan Corporate Social Responsibility pada mata kuliah Social Entrepreneurship in Emerging Market.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4045 seconds (0.1#10.140)