Tips Persiapan Wawancara Kerja yang Perlu Mahasiswa Tahu

Kamis, 18 November 2021 - 16:16 WIB
loading...
Tips Persiapan Wawancara Kerja yang Perlu Mahasiswa Tahu
wawancara kerja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bagi mahasiswa yang baru lulus mencari dan mendapatkan pekerjaan idaman adalah target hidup selanjutnya. Proses untuk mendapatkan suatu pekerjaan pasti penuh liku dan salah satu proses yang penting adalah wawancara. Simak tips untuk mempersiapkan wawancara kerja yang perlu mahasiswa ketahui.

Pada webinar “CARNATION 2.0: Career Guidance and Preparation” yang diselenggarakan oleh Departemen Human Resource Development Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga (Unair), Manager Human Resources PT Robert Bosch Indonesia Rhea Adri menjelaskan, ada 4 elemen dasar yang perlu dipahami dalam persiapan wawancara kerja.

Baca juga: 5 Tips untuk Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri

Keempat elemen tersebut adalah memahami diri sendiri,memahami perusahaan yang dilamar, memahami pekerjaan yang dilamar, dan menemukan posisi yang akan membuat kita nyaman dalam bekerja.

“Yang pertama, jangan minder duluan. Tidak ada orang lain di dunia ini yang mempunyai pengalaman hidup, jaringan sosial, dan nilai personal yang sama persis,” papar Rhea melansir laman resmi Unair di unair.ac.id, Kamis (18/11/2021).

Menurut Rhea, penting sekali untuk kita mencoba mengetahui diri sendiri dan memikirkan pengalaman-pengalaman yang telah kita peroleh.



Baca juga: 5 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Indonesia, Sampai Rp250 Juta per Bulan

Tips yang kedua adalah dengan mengetahui perusahaan yang akan kita lamar seperti nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan, model bisnis, dan mungkin juga produk-produknya. “Jadi, ini lebih mengetahui informasi mengenai perusahaannya karena ini akan sangat membantu saat interview,” lanjut Rhea.

Selain mengetahui informasi terkait dengan perusahaan, penting juga untuk mengetahui jenis pekerjaan yang akan dilamar. “Job description, ungkapnya, biasanya terselip di iklan lowongan pekerjaan.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2280 seconds (11.252#12.26)