5 Jurusan Kuliah dengan Biaya Paling Mahal

Kamis, 18 November 2021 - 22:19 WIB
loading...
A A A
Saat mempelajari animasi, web desain, desain interaktif, ilustrasi, dan sebagainya, kamu membutuhkan laptop dengan spek yang mendukung, seperti MacBook, yang harganya sudah pasti mahal. Ada juga sketchbook, pensil graft, pen tablet, printer, dan peralatan lain yang harganya nggak murah.

4. Seni
Seni (baik seni rupa, seni musik, dan lainnya) termasuk dalam jurusan kuliah berbiaya mahal. Ini karena mahasiswa akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk praktikum ketimbang belajar teori di kelas. Bisa dibilang rasio praktik dan teori pada jurusan Seni adalah 70:30.

Selain itu, mahasiswa Seni juga perlu membekali diri dengan berbagai peralatan yang memadai. Bahkan banyak juga dari mereka yang sengaja menambah kredit mata kuliah untuk makin memaksimalkan kreativitas dan kompetensi di bidang yang ditekuninya.

5. Broadcasting
Broadcasting termasuk dalam jurusan kuliah yang cukup menguras kantong. Untuk menunjang kegiatan praktikum dan editing selama proses perkuliahan, mahasiswa setidaknya perlu memiliki peralatan pribadi seperti kamera, microphone, tripod, serta komputer dengan spek yang mendukung.

Itu baru biaya peralatan, dan belum termasuk uang kuliah lain yang sifatnya wajib, seperti SKS, uang semester, biaya praktikum, uang gedung, registrasi, serta buku-buku. Namun, usai lulus kamu juga berkesempatan untuk merintis karier di perusahaan-perusahaan penyiaran (broadcasting) dengan gaji yang cukup besar.

Nah, itulah 5 jurusan dengan biaya kuliah paling mahal. Adakah yang menarik minatmu?
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)