Pendekatan Hybrid Learning Quipper Bantu Guru dan Siswa dalam Belajar Mengajar

Rabu, 24 November 2021 - 20:07 WIB
Pendekatan Hybrid Learning Quipper Bantu Guru dan Siswa dalam Belajar Mengajar
Perusahaan teknologi pendidikan(edtech) Quipper mendukung Kemendikbudristek dalam mengoptimalkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Foto/Dok/Quipper
A A A
JAKARTA - Perusahaan teknologi pendidikan(edtech) Quipper mendukung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) dalam mengoptimalkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Beberapa implementasi pembelajaran sekolah di Indonesia tengah dilakukan secara daring, tatap muka, serta gabungan dari keduanya atau hybrid learning . Bagaimana penerapan hybrid learning dapat membantu para siswa dan guru untuk melaksanakan proses pembelajaran yang efektif?

Baca juga: 10 SMA Terbaik di Magelang Berdasarkan Nilai UTBK 2021

Ruth Ayu Hapsari, Business Strategy and Growth Senior Manager Quipper Indonesiamenuturkan tren pembelajaran digital telah terjadi sejak era 3.0 dan terus berkembanghingga sekarang. Dengan membaiknya keadaan pandemi yang memungkinkan semakinbanyak sekolah dapat melakukan PTM, sekolah dapat mengimplementasikan model hybridlearning sebagai solusi untuk menunjang kegiatan PTM secara optimal.



“Kami optimistis bahwa ada kemungkinan pembelajaran campuran atau hybrid learning tidakhanya relevan pada saat PTM terbatas berlangsung, tapi bisa akan menjadi bagian dariekosistem pendidikan di masa yang akan datang. Hanya perlu ditekankan bahwa solusidan teknologi yang digunakan adalah tepat sehingga kebutuhan guru dan siswadapat terus terpenuhi,” tutur Ayu dalam keterangan pers, Rabu (24/11/2021).

Implementasi hybrid learning dapat didukung oleh platform yang terintegrasi, mudahdigunakan, serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan baik untuk siswa maupun guru.Melalui layanan Quipper Video dan Quipper School Premium (QSP), siswa dan guru dapatmenggunakan berbagai fitur yang memberikan kenyamanan dan kemudahan belajar.

Baca juga: 5 Tips untuk Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri

Dari sisi siswa, sebagai salah satu upaya untuk memperlancar proses belajar mandiri mereka selama kegiatan belajar mengajar (KBM) campuran, akun Quipper belajar telah dilengkapi dengan fitur pencarian (Search).

Fitur ini akan memudahkan siswa menemukan materi yang dibutuhkan, baik video maupun latihan soal; fitur Rekomendasi Topik yang memberikan masukan untuk materi belajar siswa sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikannya; dan fitur Prestasi Belajar (Learning Achievement) yang memberikan laporan mingguan untuk progres belajar siswa, sekaligus arahan untuk menguasai materi yang belum selesai dipelajari.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1266 seconds (10.177#12.26)