Selain Keindahan Alam, Papua Punya Sederet Kampus untuk Jadi Pilihan Calon Mahasiswa

Kamis, 25 November 2021 - 12:15 WIB
loading...
Selain Keindahan Alam, Papua Punya Sederet Kampus untuk Jadi Pilihan Calon Mahasiswa
Universitas Cenderawasih Papua. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Papua dengan keindahan alamnya yang terdengar sampai ke internasional bisa dijadikan destinasi pilihan mahasiswa baru untuk mencari perguruan tinggi. Berikut ini sederet kampus yang berlokasi di tanah Papua yang bisa menjadi pilihan.

Siapa yang tidak mengenal pesona keindahan Raja Ampat. Surga petualangan dunia yang sejatinya adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari empat gugusan pulau ini menawarkan keindahan bawah laut yang memikat.



Namun Papua tidak hanya ada Raja Ampat , ada pula Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia. Yang tidak hanya bisa menikmati alam bawah laut namun juga bisa menjelajahi beberapa pulau indah lainnya di kawasan ini.

Kemudian jika ingin menikmati senja di tepi danau, ada 2 danau terkenal yang ada di sana yakni Danau Sentani dan juga Danau Paniai. Ketika belum pandemi, ada Festival Danau Sentani yang bisa menjadi daya tarik sendiri karena adanya pertunjukan seni budaya dan juga festival kuliner.

Kekayaan alam lain yang bisa ditengok yakni musamus atau rumah semut yang berdiri tegak menjulang di Taman Nasional Wasur, Merauke. Musamus yang ada di taman nasional itu ada yang tingginya mencapai 5 meter dengan diameter lebih dari 2 meter.



Meski dinamakan rumah semut namun sarang itu tidak dibangun oleh semut melainkan oleh sejenis rayap bernama Macrotermes sp. Struktur sarangnya berbentuk kerucut dan dibangun koloni rayap dari rumput kering dan lumpur serta liur rayap sebagai bahan perekatnya.

Namun Papua tidak hanya terkenal dengan keindahan dan kekayaan alamnya, Papua juga memiliki sejumlah institusi pendidikan tinggi yang bisa menjadi pilihan para mahasiswa baru. Baik itu perguruan tinggi negeri (PTN) dan juga perguruan tinggi swasta (PTS).

Berikut ini ulasan kampus yang berdomisili di Papua dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/11/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3085 seconds (0.1#10.140)